Pontianak (ANTARA News) - Dua atlet catur asal Kota Singkawang yakni Anggar Setio Rini dan Anang Setiawan akan mengikuti turnamen terbuka di Kota Kinabalu, Sabah, 23 - 24 April mendatang.

"Open turnamen ini adalah dalam rangka HUT Kinabalu Sabah," kata Pemerhati Komunitas Pecinta Catur Singkawang (KPCS), Budi di Singkawang, Kamis.

Budi menyebutkan, Anggar Setio Rini adalah siswi dari SMAN 3 Singkawang. Sedangkan Anang Setiawan merupakan siswa SMPN 8 Sungai Bulan Singkawang.

"Keduanya akan mengikuti open turnamen catur perorangan di Malaysia dan akan diberangkatkan pada Rabu malam, tanggal 20 April," jelasnya.

Kedua atlet catur ini, katanya, merupakan peserta yang mengatasnamakan Sekolah Catur Utut Adianto (Secua) Kalbar dan berangkat dengan cara swadaya.

Budi berharap, keduanya bisa berhasil dengan baik, sehingga bisa mengharumkan nama Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat.

Dan kepada bibit-bibit junior catur lainnya, kedepan dapat mengikuti rekam jejak Anggar dan Anang.

Di tempat terpisah, Ketua KONI Singkawang, Andi Syarif sangat mendukung kegiatan tersebut. Pada tahun 2016, cabang olahraga catur mendapat bantuan dana yang lumayan besar dari KONI sebagai bentuk apresiasi guna memotivasi cabang olahraga catur supaya bisa lebih berkembang.

"Harapan saya, cabang olahraga catur sebagai cabang olahraga yang merakyat bisa lebih berkembang di Singkawang," harapnya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016