Jakarta (ANTARA News) - Klub bulu tangkis Jaya Raya Jakarta memastikan satu gelar juara dalam kejuaraan Djarum Sirnas Premier 2016 di Jakarta setelah dua wakilnya melaju ke putaran final kategori ganda campuran dewasa.

Dua wakil Jaya Raya Jakarta pada nomor ganda campuran yaitu Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth dan Irfan Fadhillah/Weni Anggraeni melaju ke putaran final kejuaraan berhadiah total Rp300 juta itu setelah mengalahkan lawan-lawan mereka pada semifinal yang berlangsung di GOR Asia Afrika, Jakarta, Jumat malam.

Kido/Pia mengalahkan pasangan atlet Djarum Kudus Akbar Bintang Cahyono/Vita Marissa 16-21, 21-17, 21-16. Sedangkan Irfan/Weni masuk putaran final dengan menyingkirkan ganda campuran Afiat Yuris Wirawan/Nadiya Melati dari klub Pertamina Fastron Jakarta Utara,

Setelah tertekan dan kalah pada game pertama 16-21, Kido/Pia bangkit dan mengendalikan permainan pada game kedua dengan keunggulan 16-15. Pasangan atlet kakak-adik itu merebut game kedua 21-17.

"Permainan awal mereka lebih berani. Apalagi Vita yang bermain bagus di depan net. Kami mengubah pola permainan dengan membuka bola dan menghindari permainan net sehingga menyulitkan Vita," kata Kido.

Pada game ketiga, Pia/Kido masih menerapkan pola permainan sebagaimana game kedua. Strategi itu membuahkan hasil dengan keunggulan 7-3 dan 15-10. Pasangan Jaya Raya itu menutup permainan dengan skor 21-16 pada game ketiga.

Kido mengaku pertandingan menghadapi Vita seperti laga reuni karena kedua atlet itu merupakan mantan atlet penghuni pemusatan pelatihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di Cipayung Jakarta.

"Kami akan tetap berusaha meraih gelar pada laga final besok. Lawan pada final adalah teman satu klub dan itu justru lebih berbahaya karena mereka tahu kelemahan kami," kata Kido.

Sementara, Vita mengatakan pertandingan Djarum Sirnas Premier 2016 merupakan kejuaraan pertamanya berpasangan dengan atlet muda Akbar.

"Kami tidak pernah berlatih bersama. Tapi, dia menampilkan permainan yang sungguh-sungguh sehingga punya kesempatan untuk kembali berpasangan," kata Vita.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016