Jakarta (ANTARA News) - Google Maps baru saja memperkenalkan fitur teranyarnya bagi pengguna transportasi publik di Indonesia berupa informasi real-time kedatangan bus-bus Transjakarta di halte-halte yang ada.

Direktur Google Maps Suren Ruhela memastikan timnya akan terus berupaya untuk mengembangkan cakupan informasi tersebut hingga moda-moda transportasi publik lainnya.

"Pasti akan terus dikembangkan. Jangan lupa ini pertama kalinya fitur semacam ini dihadirkan di Asia Tenggara. Kami siap bekerja sama dengan penyedia transportasi publik lainnya, selama mereka terbuka," kata Suren di Jakarta, Kamis.

Suren menuturkan bahwa pengelola Transjakarta, PT Transportasi Jakarta, sejauh ini menjadi yang paling ramah teknologi karena kesadaran para pelanggannya akrab dengan penggunaan aplikasi navigasi mobile.

Kepala Hubungan Kebijakan dan Pemerintah Google Indonesia, Shinto Nugroho, mengatakan pengembangan penyematan informasi real-time moda transportasi publik lainnya bergantung dengan kesiapan teknis pihak rekanan.

"Rekanan berikutnya harus terlebih dahulu ramah teknologi, termasuk penggunaan GPS di unit-unit moda transportasi mereka," kata Shinto.

"Makanya kami terbuka kepada siapa saja yang mau bekerja sama, tergantung apakah mereka mau mengejar penggunaan teknologinya atau tidak," ujar Shinto menambahkan.

Shinto menuturkan proses penjajakan fitur informasi real-time kedatangan bus Transjakarta memakan waktu beberapa bulan, sejak dijajaki pada tahun 2015 lalu.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016