Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo melantik 720 perwira lulusan Akademi Militer, Akedemi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara dan Akademi Kepolisian tahun 2016.

"Saya ucapkan selamat kepada Praja Akademi TNI-Polri yang baru saja saya lantik. Ingat perjalanan kalian baru dimulai, perjalanan perwira setia dan mengabdi kepada bangsa, negara, rakyat Indonesia," kata Presiden saat berpidato dalam acara Pelantikan di Gedung Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Selasa.

Presiden berharap para perwira yang baru dilantik menjadi masa depan TNI-Polri sebagai penentu pelaksanaan reformasi di institusi masing-masing," kata Jokowi.

"Ingat bahwa reformasi kunci masa depan dan menghadapi tantangan ke depan negara dan kamtibmas yang perubahannnya makin cepat," katanya.

Presiden juga mengingatkan para perwira untuk mencegah upaya pengeroposan pancasila, kekerasan anarkisme agama, terorisme, membasmi peredaran narkotika dan penyelundupan ilegal.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mengingatkan terhadap kompetisi global, konflik antar-intra negara, peperangan asimetris, perebutan pangan-energi, perlombaan senjata militer negara besar, ISIA, yang menjadi isu yang memberikan dampak langsung maupun tidak langsung terhadap negara Indonesia.

Perwira yang dilantik berjumlah 720 orang yang terditi dari 420 perwira TNI dan 300 Perwira Polri.

Sebanyak 420 perwira TNI ini terdiri dari Akmil (Matra Angkatan Darat) sebanyak 221 perwira, Akademi Angkatan Laut sebanyak 91 perwira dan Akademi Angkatan Udara 108 perwira.

Sedangkan dari Akademi Kepolisian terdiri 251 perwira putra dan 49 perwira wanita.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016