Jakarta (ANTARA News) - Presiden Komite Olimpiade Internasional (KOI) Thomas Bach optimistis Indonesia sukses menyelenggarakan Asian Games 2018 menyusul laporan Panitia Penyelenggara Asian Games di Indonesia (INASCOG) di Da Nang, Vietnam, Minggu.

"Saya yakin penyelenggaraan Asian Games 2018 berjalan baik serta merefleksikan kebudayaan Indonesia yang selama ini kita kenal. Saya berharap, jika diundang, dapat menyaksikan Asian Games 2018," ujar Thomas Bach disela Sidang Umum Dewan Olimpiade Asia (OCA) ke-35 di Da Nang, Vietnam, dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.

Mantan atlet anggar Jerman Barat itu mengatakan Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah dapat menuntun kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan multi-cabang olahraga terbesar di Asia itu.

Sheikh Ahmad mengatakan Indonesia memiliki waktu cukup untuk belajar dan mempersiapkan segala hal sehingga penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang dapat berjalan lancar.

"Kami akan memberikan bantuan maksimal, baik teknis maupun nonteknis, agar Indonesia sukses menjadi tuan rumah. Kami sudah menyepakati banyak hal untuk Asian Games 2018 dan kami menjamin hal itu dapat diterapkan saat kejuaraan olahraga itu berlangsung," ujar Sheikh Ahmad.

Presiden INASCOG Erick Thohir melaporkan perkembangan Indonesia dalam menyiapkan Asian Games ke-18 dalam Sidang Umum OCA yang dihadiri sekitar 250 perwakilan komite olimpiade negara-negara Asia.

"Kami meyakinkan para peserta sidang terkait upaya Indonesia melipatgandakan persiapan penyelenggaraan Asian Games. Pemerintah daerah di Jakarta dan Palembang telah bekerja keras untuk mempercepat segala hal agar gelanggang-gelanggang dan infrastruktur selesai pada 2017," kata Erick.

Erick menegaskan kesungguhan Indonesia melaksanakan kejuaraan olahraga di dua kota setelah menerima pertanyaan delegasi Komite Olimpiade Kazakhstan. "Kami akan belajar banyak dari Kazakhstan yang telah menggelar Kejuaraan Olahraga Asia Musim Dingin 2011 di dua kota yaitu Astana dan Almaty.

Indonesia dan OCA telah menyepakati Asian Games 2018 akan menggelar 40 cabang olahraga yang terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade serta delapan cabang olahraga non-olimpiade. Cabang-cabang olahraga Olimpiade akan menampilkan 48 nomor pertandingan, sedangkan cabang-cabang olahraga non-olimpiade akan menampilkan 16 nomor pertandingan.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016