Balikpapan (ANTARA News) - Persiba terus bergerak cepat. Awal pekan ini pengurus mencoret empat pemain lokal Indonesia yang mengikuti seleksi tertutup di Stadion Parikesit di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Kami segerakan biar yang bersangkutan dapat segera ikut seleksi klub lain untuk melanjutkan karier sepakbolanya," kata pelatih Persiba Timo Scheunemann, Senin.

Keempat pemain adalah Tamsil Wijaya (gelandang), Abdul Manan (Bek), Geri Setia (striker), dan Ilham Hadian (gelandang).

Pencoretan pemain diputuskan dalam rapat pengurus. Rapat itu digelar setelah pertandingan antarpemain pada Sabtu akhir pekan lalu.

Segera setelah ini Persiba fokus untuk menyeleksi pemain asing sambil menunggu kedatangan striker asal Brasil Marlon da Silva de Moura pada 25 Januari. Marlon dipastikan sudah berkostum Persiba untuk musim kompetisi 2017 ini dan tidak perlu menjalani seleksi.

Untuk 2 tempat lagi mulai diseleksi Senin 23/1 ini pemain asing berpaspor Australia Strecko Mitrovic dan pemain asal Kirgistan Pavel Sidorenko. Keduanya untuk posisi gelandang. Juga akan diseleksi rekan senegara Marlon, Dedimar Fereira yang berposisi sebagai bek.

Menurut Timo, seleksi pemain asing juga sama seperti pemain Indonesia, yaitu tertutup. Bila tidak pas baru Persiba akan mencari lagi dan diutamakan yang sudah jelas kualitasnya.

Di sisi lain, di Persiba juga sudah mengontrak Kevin Scheunemann, keponakan pelatih Timo yang keturunan Maluku-Jerman yang sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Kevin adalah striker dan pernah melanglang buana bermain di Liga Austria dan Major League Soccer (MLS), liga sepakbola Amerika Serikat.

Sampai awal pekan ini Persiba sudah mendapatkan 13 pemain dari 26 yang diperlukan. Sebanyak 10 pemain adalah mereka yang sudah bergabung sejak 2016 mengarungi Indonesian Soccer League.

Para pemain yang dikontrak lagi itu adalah Kurniawan Kartika Ajie, Yoewanto Stya Benny, bek tangguh Iqbal Samad, Absor Fauzi, pemain serba bisa Fengky Turnando, Abdul Rachman, Heri Susanto, Gideon Victor Wai, dan Melkior Leidekker Majefat.

Dari yang ikut seleksi sejak Senin pekan lalu masih menyisakan Yudi Khoeruddin mantan gelandang Persiba 2015 lalu, Bryan Cesar, Ridho, Roby, Dedi Harianto, Farisa Rovanda, Ardi Yanuar, Mikael Jaksen, dan Andre Dio.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017