Senin, 23 Oktober 2017

Job Fair Banjarmasin tawarkan 3.067 lowongan kerja

| 12.970 Views
Job Fair Banjarmasin tawarkan 3.067 lowongan kerja
ilustrasi: Pencari kerja mengisi aplikasi berkas lamaran pekerjaan di sebuah stan perusahaan pada bursa kerja di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (17/3/2017). Bursa kerja diikuti sebanyak 70 perusahaan lokal dan nasional yang menyediakan ribuan lowongan pekerjaan di berbagai posisi mulai dari jenjang pendidikan SMP hingga sarjana. (ANTARA FOTO/R Rekotomo)
Banjarmasin (ANTARA News) - Gelar Job Fair atau bursa kerja yang akan digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, di lokasi siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean Banjarmasin Tengah dari tanggal 21-23 Maret 2017 dinyatakan akan menawarkan sebanyak 3.067 lowongan kerja.

Menurut Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin Priyo Eko saat jumpa pers di Banjarmasin, Senin, akan ada sebanyak 47 perusahaan yang akan mengikuti kegiatan Job Fair yang diselenggarakan instansinya tersebut.

"Ini peluang bagus bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya yang menginginkan pekerjaan untuk mengikuti kegiatan tersebut, sebab akan banyak perusahaan besar," tuturnya.

Dituturkan Priyo, akan ada sebanyak 3.067 lowongan kerja yang ditawarkan para perusahaan yang mengikuti Job Fair ini, yakni, dari berbagai tingkatan pendidikan.

"Tidak hanya bagi sarjana, tapi bagi lulusan SMA sederajat pun ada lowongan," paparnya.

Priyo menegaskan, pemerintah kota sangat selektif dalam menentukan perusahaan yang boleh mengikuti kegiatan ini, hingga hanya 47 perusahaan tersebut.

"Sebenarnya ada sekitar 70 perusahaan yang mau berpartisipasi mengikuti kegiatan ini, tapi sebagian yang tidak jelas, terpaksa ditolak," ujarnya.

Menurut Priyo, bagi perusahaan yang bergerak diinvestasi atau adanya iming-iming provit sekian atau poin sekian tidak dimasukkan dalam kegiatan ini, karena kompetennya diragukan.

Dikatakan dia, job fair diselenggarakan pemerintah daerah untuk menekan angka pengangguran, sebab jumlahnya kian meningkat dengan perekonomian tambang batu bara mulai lesu hingga banyak yang gulung tikar atau bangkrut.

Dia pun berharap, warga Banjarmasin khususnya dan Kalsel umumnya bisa memanfaatkan moment ini dengan baik, hingga bisa mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan profesionalitasnya.

Bagi dia, kesempatan yang hampir langka ini harus disyukuri masyarakat daerah, sebab mencari lowongan kerja saat ini sangatlah sulit.

"Tapi sekarang perusahaannya yang datang dan beri kesempatan, apa tidak luar biasa kegiatan ini," paparnya.

Dia pun juga berharap, masyarakat mendukung suksesnya kegiatan ini, hingga akan bisa terselenggara terus menerus minimal setahun sekali.

"Kita akan berupaya terus untuk mencarikan jalan bagi penanggulangan pengangguran daerah ini," katanya.

(KR-SKR/H005)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga