Palimanan (ANTARA News) - Transaksi tol elektronik multibank (e-Toll) di ruas Tol Palimanan-Kanci (JM) mengalami gangguan sehingga para pemudik yang menggunakan GTO, terpaksa membayar dengan uang tunai dan tidak dapat menikmati potongan harga sebesar 20 persen.

"Kejadian yang sama terulang lagi. Lebaran tahun kemarin saya juga mengalami hal serupa di ruas tol yang sama," kata salah satu pemudik pengguna ruas tol Palimanan-Kanci, Budi Santoso, Senin.

Budi beserta keluarganya melakukan perjalanan pulang kampung dari Depok ke Cirebon pada Senin dini hari.

"Dua kali mudik alami kejadian yang sama di GTO yang sama. Petugas pintu tol bertanya kepada kami masuk dari mana. Jika seperti itu, kami atau pengguna GTO bisa saja menjawab masuk dari Majalengka atau kota terdekat lainnya, agar lebih murah tarif tolnya. Terlebih pengguna kartu e-Toll tidak beri kartu masuk," tuturnya.

Budi yang juga pewarta Antara melaporkan, hari kedua Idul Fitri 1438 Hijriyah, ruas Tol Cipali masih ramai kendaraan pemudik dengan rata-rata kecepatan 30-40 kilometer per jam hingga Kertajati. "Setelah itu pemudik dapat memacu kecepatan kendaraannya sampai Cirebon," katanya.

Pemudik juga masih memadati area peristirahatan di Cikampek dan Cipali, hingga kendaraan banyak yang di parkir di bahu jalan sekitar area peristirahatan.

Ia menambahkan, bagi pemudik yang ingin beristirahat nyaman di area peristirahatan, hendaknya keluar Tol Cikedung di Km 135. Setelah membayar tol di Gerbang Tol Cikedung, belok kiri dan tidak jauh dari sana ada restoran. Setelah itu bisa kembali masuk Tol Cipali.

Hari pertama Idul Fitri, Minggu (25/6), volume lalu lintas di Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) khususnya di Gerbang Tol Palimanan berkurang 29 persen. Meski begitu, kepadatan arus kendaraan di Cipali tetap mencapai lebih dari dua kali lipat volume normal.

Dilansir dari siaran pers PT Lintas Marga Sedaya, kendaraan yang melintas di Tol Cipali di GT Palimanan (keluar dan masuk, arah Cirebon dan Jakarta) pada Sabtu 24 Juni pukul 06.00 hingga hari ini sebanyak 55.535 unit kendaraan, atau turun 29 persen dari sehari sebelumnya yang mencapai 78.391 unit.

Adapun kendaraan yang masuk GT Palimanan arah Jakarta sebanyak 10.615 unit. Sedangkan yang mudik yakni keluar tol Cipali dari GT Palimanan arah Cirebon tercatat 44.920 unit. Jumlah kendaraan yang mudik ini lebih rendah 27 persen dari sehari sebelumnya yang masih 61.835 unit.

Pewarta: Budi Santoso
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017