Jakarta (ANTARA) - Ratusan umat muslim melakukan shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah yang digelar Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia pada Minggu (11/8), di kawasan Masjid Al Furqon di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Shalat Idul Adha dimulai pukul 07.00 WIB dan diimami oleh Tamam Muridho. Sedangkan bertindak sebagai khatib kali ini Abdullah Hehamahua. 

Dalam khutbah nya Abdullah mengatakan Idul Adha adalah ritual tahunan dalam dunia Islam sebagai suatu proses napak tilas tauhidayah atas keberagamaan Nabi Ibrahim AS dengan putranya, Nabi Ismail AS.

"Disebut Idul Qurban karena hari ini dan tiga hari berturut-turut, umat Islam di seluruh dunia yang memiliki kemampuan tertentu, menyembelih hewan kurban sebagai manifestasi kesyukuran atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT," ujar Abdullah saat menyampaikan khutbahnya. 

Sebelumnya, pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019, merujuk pada hasil sidang isbat penetapan awal bulan Zulhijah 1440 Hijriah/2019 Masehi di Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (8/8). 

"Maka 10 Zulhijah Idul Adha jatuh pada Ahad, 11 Agustus 2019," kata Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin.

Sidang isbat penetapan awal Zulhijah itu dipimpin Amin karena Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sedang menjalankan tugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi.

Baca juga: Haedar Nasir: Berkurban harus gerakan kesalehan bagi sesama

Baca juga: Masjid Hasyim Asy'ari laksanakan pemotongan hewan kurban Senin

Baca juga: Jokowi dan Ibu Negara Iriana Shalat Idul Adha di Kebun Raya Bogor


Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2019