counter

Tenis

Federer akan jadi ujian pertama Murray di ATP Cup

Federer akan jadi ujian pertama Murray di ATP Cup

Petenis putra Swiss Roger Federer mengembalikan bola ke arah lawannya petenis putra Bulgaria Grigor Dimitrov dalam babak perempat final Turnamen Tenis AS Terbuka, di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, AS, Selasa (3/9/2019). Dmitrov melaju ke semi final setelah mengalahkan Federer 3-6, 6-4, 3-6, 6-4, dan 6-2.  ANTARA FOTO/Reuters-Geoff Burke-USA TODAY Sports/hp. ANTARA FOTO/Reuters-Danielle Parhizkaran-USA TODAY Sports/hp.

Jakarta (ANTARA) - Roger Federer akan menjadi ujian pertama bagi Andy Murray pada awal musim depan, setelah Swiss diundi untuk menghadapi Britania Raya pada fase grup turnamen yang baru pertama kali digelar ATP Cup.

Mantan petenis nomor satu dunia Murray hanya memainkan sedikit pertandingan tunggal sejak menjalani operasi pada pangkal paha awal tahun ini, tapi dia lolos untuk turnamen yang berbasis negara itu dengan peringkat yang diproteksi.

Pada pekan lalu Murray mengatakan bahwa dia membutuhkan empat hingga lima bulan untuk mengimbangi kecepatan para pesaing lamanya Federer dan Rafa Nadal, dan dengan ATP Cup akan dimulai pada 3 Januari mendatang, akan banyak pekerjaan yang harus dihadapi Murray.

Seperti dilaporkan Reuters, Swiss dan Britania juga akan bertemu Belgia di Grup C di Sydney, seperti terungkap dalam acara pengundian turnamen itu di kota yang sama pada Senin.

Sebanyak 24 tim nasional akan bermain dalam enam grup yang masing-masing terdiri dari empat tim dengan menggunakan format round-robin. Para juara di grup masing-masing dan dua peringkat kedua terbaik dari keseluruhan grup, berhak maju ke ATP Cup Finals yang akan berlangsung di Sydney.

Sejauh ini sudah 18 tim yang lolos ke turnamen tersebut, dengan tuan rumah Australia juga menerima satu tempat.

Lima tim tersisa akan diumumkan setelah jendela kualifikasi kedua ditutup pada November mendatang.

Juara US Open Nadal akan mengawali turnamen tersebut di kota lain di negara itu, dengan Spanyol diundi bersama Jepang dan Georgia di Grup B yang akan berlangsung di Perth.

Juara Grand Slam 19 kali Nadal kemungkinan akan bertemu dengan petenis Jepang peringkat delapan dunia Kei Nishikori pada nomor tunggal.

Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic mewarnai Grup B saat dia bermain untuk Serbia, yang akan bertemu Prancis dan Afrika Selatan di Brisbane.

Petenis muda Rusia Daniil Medvedev, yang pada final US Open dikalahkan Nadal, akan bermain di Grup D untuk Rusia melawan Amerike Serikat dan Italia.

Grup F terdiri dari Jerman, Yunani, Kanada, dan Australia, yang akan berlangsung di Brisbane dan menghadirkan para pemain muda berbakat.

Petenis Jerman peringkat enam dunia Alexander Zverev kemungkinan tampil pada nomor tunggal bersama petenis muda Yunani Stefanos Tsitsipas, dan petenis Australia Nick Kyrgios.

Berikut ini hasil undian pembagian grup ATP Cup:

Grup A - Serbia, Prancis, Afrika Selatan (Brisbane)

Grup B - Spanyol, Jepang, Georgia (Perth)

Grup C - Swiss, Belgia, Britania Raya (Sydney)

Grup D - Rusia, Italia, Amerika Serikat (Perth)

Grup E - Austria, Kroasia, Argentina (Sydney)

Grup F - Jerman, Yunani, Kanada, Australia (Brisbane)

Baca juga: "The Big Three" meriahkan ATP Cup perdana di Australia

Baca juga: Federer beberkan cederanya di perempat final US OpenBaca juga: Rafael Nadal bikin Federer tunda rencana pensiun

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar