counter

"Leaving Neverland" raih Emmy, Michael Jackson Estate: Itu lelucon

"Leaving Neverland" raih Emmy, Michael Jackson Estate: Itu lelucon

Michael Jackson and Wade Robson di "Leaving Neverland" (2019). ANTARA/IMDb/pri

Jakarta (ANTARA) - Michael Jackson Estate menanggapi keras kemenangan "Leaving Neverland" sebagai film dokumenter atau nonfiksi terbaik di 2019 Creative Arts Emmys pada Sabtu (14/9) malam.

"Untuk sebuah film berkategori fiksi, penganugerahan film itu di kategori nonfiksi Emmy Awards benar-benar seperti lelucon," kata perwakilan Jackson's Estate dilansir dari The Hollywood Reporter pada Rabu.

"Tidak ada sedikit pun bukti yang mendukung film dokumenter sepihak ini, yang dibuat secara rahasia, dan tidak ada satu orang di luar dua subjek dan keluarga mereka yang diwawancarai," tambahnya.

Baca juga: Keluarga Michael Jackson sebut "Leaving Neverland" ibarat hukuman mati

FIlm berdurasi empat jam tersebut ditayangkan perdana pada Maret di HBO, yang menceritakan tentang klaim pelecehan seksual yang dilakukan Michael Jackson kepada mantan bintang anak-anak James Safechuck dan Wade Robson.

"Leaving Neverland" telah memperoleh total lima nominasi dalam ajang Emmy Awards, yakni pengarahan gambar terbaik, pengeditan suara terbaik, sound-mixing terbaik yang semua pada kategori program nonfiksi, serta program dokumenter/nonfiksi terbaik.

"Sejak 'Leaving Neverland' mengudara pada Maret, film ini telah memulai banyak percakapan penting tentang pelecehan seksual anak dan bagaimana penanganannya. Inilah mengapa James Safechuck dan Wade Robson serta keluarganya bersuara dan mengapa kami membuat film dokumenter ini," kata Reed di sela-sela perhelatan Emmy Awards pada Sabtu (14/9).

Baca juga: Michael Jackson Estate tuntut HBO Rp1,4 triliun

"Kami senang bahwa Academy menghormati tujuan itu serta dedikasi tim kreatif kami dengan lima nominasi (Emmy)," lanjut dia.

Sebelumnya, setelah debut "Leaving Neverland" pada Januari di Sundance Film Festival, Jackson's Estate pun menyebut proyek itu pembunuhan karakter dan bersikeras itu bukan film dokumenter, sementara keluarga Jackson memanggil Reed sebagai "oportunis."

Baca juga: Children's Museum di Indianapolis hapus tiga barang Michael Jackson
 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar