Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 25 klub bola voli Tanah Air bersaing untuk menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Nasional Antarklub Livoli Divisi I 2019 di GOR Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, 22-29 September dan kejuaraan ini adalah yang pertama digelar di Kota 1001 Goa itu.

“Ini merupakan sejarah bagi Pacitan, karena baru pertama kalinya kami menyelenggarakan kejuaraan tingkat nasional,” kata Ketua Panitia Livoli Divisi I, Eko Prasetyo Wahyudiarto di Pacitan, Sabtu dalam keterangan resminya.

Menurut Prasetyo, bola voli sangat marak di Pacitan, terutama kejuaraan tidak resmi atau antar-kampung. Untuk itu, pihaknya bergerak cepat setelah mendapatkan peluang untuk menjadi tuan rumah kejuaraan tingkat nasional seperti Livoli.

Baca juga: Bank Jatim pertahankan juara Livoli

25 klub yang bakal berlaga ini terbagi atas 14 klub putra dan 11 klub putri. Sebagai tuan rumah, Pacitan juga tidak tinggal diam karena menyumbangkan satu timnya untuk bertanding di sektor putra yaitu Amanah Pacitan.

Pacitan sendiri, kata Prasetyo mempunyai pemain-pemain muda yang potensial dan berbakat. Bahkan, satu pemain Timnas SEA Games 2019 berasal dari Pacitan yaitu Novia Andriani.

“Pacitan pernah menjadi juara junior tingkat Jawa Timur. Makanya kami juga berperan dalam kejuaraan ini dengan mengirim satu tim," katanya menambahkan.

Sementara itu Ketua KONI Pacitan, Sugi Hariyanto mengatakan ba voli merupakan olahraga paling digemari di Pacitan. “Olahraga voli menjadi olahraga yang paling digemari di Pacitan. Bukan sepakbola. Kami sangat senang Mas Pras nekat menyelenggarakan Livoli untuk pertama kalinya di Pacitan,” kata Sugi.

Wakil Kepala Bidang Pertandingan dan Kompetisi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI), Regi Nelwan, mengatakan, finalis kejuaraan Livoli I ini akan naik strata tahun depan. Juara dan runner up akan tampil di Livoli Divisi Utama.

Baca juga: 31 tim Livoli Divisi Satu perebutkan empat tiket promosi

Berikut 25 tim peserta Kejuaraan Nasional Antarklub Livoli Divisi I 2019 :

Tim Putra:
1. Bimantara Klungkung
2. Dhaksinarga
3. Ganevo
4. Jenggolo
5. Mabes TNI
6. Mars Kota Probolinggo
7. Amanah Pacitan
8. Pasundan
9. PDAM Kudus
10. Putra Borneo
11. SGS Kabupaten Bekasi
12. Sukun Badak
13. Surya Muda
14. Vobgard

Putri:
1. Aruna Putri Banyuwangi
2. Bahana Bank BJB Pakuan
3. Bhayangkara Pati
4. Caroline
5. Jenggolo
6. Mabes TNI
7. Petrokimia
8. Vobgar
9. VVV
10. Wahana Express Group
11. Yuso

Hadiah Pemenang:
1. Juara I putra/putri: Rp 20 juta
2. Juara II putra/putri: Rp 12,5 juta
3. Juara III putra/putri: Rp 10 juta
4. Juara IV putra /putri: Rp 7,5 juta

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019