Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur mengamuk kepada tamunya Red Star Belgrade dengan melesakkan lima gol tanpa balas dalam laga lanjutan Grup B Liga Champions di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Selasa setempat (Rabu WIB).

Kemenangan 5-0 tersebut diraih berkat Son Heung-min dan Harry Kane, yang masing-masing mengemas dwigol, diselingi satu gol lain dari Erik Lamela, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu seolah menjadi pelampiasan kekesalan Tottenham atas rentetan hasil mengecewakan dalam beberapa pertandingan sebelumnya di semua kompetisi.

Kemenangan tersebut mengantarkan tim besutan Mauricio Pochettino naik ke posisi kedua klasemen Grup B dengan koleksi empat poin, menggusur Red Star (3) yang turun ke urutan ketiga.

Baca juga: Mauricio Pochettino siap dipecat bila performa Tottenham tidak membaik

Sejak sepak mula Tottenham asyik menggempur pertahanan tamunya hingga pada menit kesembilan Kane membuka keunggulan saat ia membelokkan bola sepak pojok Erik Lamela hingga tak terjangkau kiper Milan Borjan.

Lantas tujuh menit kemudian, Heung-min menggandakan keunggulan Tottenham lewat penyelesaian mudah di area tiang jauh memanfaatkan umpan silang terukur yang dikirimkan Lamela.

Pada menit ke-20 Red Star seolah baru menemukan hidup mereka, sayang peluang untuk menyamakan kedudukan lewat umpan silang Marko Marin masih disambut tandukan kurang sempurna oleh Nemanja Milunovic.

Akan tetapi dalam kurun waktu empat menit berikutnya, Borjan melakukan dua penyelamatan penting atas tembakan Tanguy Ndombele dan Lamela yang berbahaya.

Sebaliknya kiper pelapis Tottenham Paulo Gazzaniga juga melakukan penyelamatan gemilang kala ia menepis tembakan sudut sempit Marko Gobeljic pada menit ke-31.

Semenit jelang turun minum, Heung-min mencetak gol keduanya setelah menerima sodoran bola dari Ndombele dan akhirnya melepaskan tembakan mendatar ke sudut kiri gawang demi memperbesar keunggulan Tottenham menjadi 3-0 saat babak pertama usai.

Baca juga: Gol Morata bawa Atletico semakin dekati 16 besar

Keunggulan tiga gol tak membuat Tottenham mengendurkan serangan mereka memasuki babak kedua dan pada menit ke-57 Lamela akhirnya turut mencatatkan namanya di papan skor dengan mencetak gol keempat tuan rumah.

Legiun Argentina itu melakukan satu sentuhan sederhana setelah menerima umpan tarik kiriman Serge Aurier sebelum melepaskan tembakan yang tak mampu diantisipasi Borjan.

Dua menit kemudian ia hampir mencetak gol lagi, namun kali ini tembakannya tak sempurna karena diganggu oleh Milos Degenek dan bola bisa dihentikan Borjan sebelum disapu Nemanja Milunovic.

Pada menit ke-72, giliran Kane yang mencetak gol keduanya dengan mengejar umpan kiriman Ndombele sebelum melesakkan bola ke sudut kanan bawah gawang.

Dua menit jelang bubaran, Kane hampir melengkapi raihan trigolnya namun tembakannya dari sudut sempit mengenai badan Borjan sehingga laga usai masih dalam kedudukan 5-0 untuk Tottenham atas Red Star.

Baca juga: Gol Dodo hindarkan Shakhtar dari kekalahan dari Zagreb

Baca juga: Gol Morata bawa Atletico semakin dekati 16 besar


Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Paulo Gazzaniga; Serge Aurier, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen (Juan Foyth), Ben Davies; Moussa Sissoko, Tanguy Ndombele; Erik Lamela, Bamidele Alli (Giovani Lo Celso), Son Heung-min (Eric Dier); Harry Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Red Star Belgrade (4-2-3-1): Milan Borjan; Marko Gobeljic, Milos Degenek, Nemanja Milunovic, Milan Rodic; Jose Canas (Njegos Petrovic), Milos Vulic; Mateo Garcia, Marko Marin, Rajin van La Parra (Aleksa Vukanovic); Tomane (Milan Pavkov)
Pelatih: Vladan Milojevic

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2019