Pande Yuda Hendriana dan Lady Athalia Duta Endek Denpasar 2019

Pande Yuda Hendriana dan Lady Athalia Duta Endek Denpasar 2019

Pande Yuda Hendriana dan Lady Athalia Duta Endek Denpasar 2019. (Antaranews/Komang Suparta/IST/2019)

memberikan kesempatan pada generasi muda untuk lebih mengenal kain tenun endek melalui duta endek
Denpasar (ANTARA) - Grand final pemilihan Duta Endek Kota Denpasar 2019 menetapkan Pande Putu Yuda Hendriana dan Lady Athalia meraih juara pertama yang diikuti 24 finalis, yakni 12 finalis putra dan 12 finalis putri.

Pada kegiatan yang disaksikan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra di Denpasar, Selasa itu, diumumkan posisi kedua diraih Andrew Yogananda dan Luh Putu Fatona Agustiawati, kemudian Adam Tanzio dan Kadek Clarisa Candra Swari meraih juara III.

Sedangkan juara favorit diraih Anak Agung Ngurah Surya Dharma Prayoga. Juara Best Talent diraih Lady Athalia, kemudian juara Best Photogenic disabet Rosweeta Aqilah, dan juara Best Catwalk diraih I Gusti Ayu Putu Indira.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ida Ayu Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai usaha peningkatan kemampuan personal pelayanan informasi dan promosi kain tenun endek.

Baca juga: Lorenzo siap jadi duta pariwisata Bali
Baca juga: Cinta Laura jadi duta pariwisata Bali Utara


Mereka juga diharapkan mampu mempromosikan dan mensosialisasikan ragam endek sebagai produk kearifan lokal serta menjadi salah satu potensi keunggulan Kota Denpasar.

"Memberikan kesempatan pada generasi muda untuk lebih mengenal kain tenun endek melalui duta endek Kota Denpasar. Sebagai upaya Pemerintah Kota Denpasar dalam mensosialisasikan produksi dalam negeri dengan motto 'Endek Kita Punya, Kita Pakai, Kita Bangga', ujarnya.

Ia mengatakan ajang pemilihan Duta Endek Kota Denpasar rutin digelar tiap tahunnya dan di 2019 merupakan acara yang kedelapan kalinya. Para pesertanya merupakan putra-putri Kota Denpasar dari SMA, SMK hingga perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Baca juga: Jalan panjang angkat batik etnik khas Bali

Kepala Disperindag Kota Denpasar, Nyoman Sri Utari didampingi Ketua Panitia Duta Endek Kota Denpasar 2019, Davidson Imanuel Eman mengatakan seleksi tahap pertama dengan tes tulis dan wawancara di Aula Graha Sewaka Dharma Denpasar, dan diikuti sekitar 150 peserta.

Dalam proses seleksi tersebut dilakukan sejumlah tes meliputi behaviour, publik speacking, cooperates in team, daily activity serta performace.

Sri Utari menambahkan, proses pendaftaran Duta Endek Kota Denpasar 2019 telah dilaksanakan selama dua bulan. Kemudian mengikuti beberapa tahapan seleksi. Dari seleksi tahap pertama ini terjaring 50 peserta untuk mengikuti seleksi tahap ke dua.

Pada tahap kedua ini diperoleh 24 orang peserta (12 putra dan 12 putri) yang masuk sebagai finalis Duta Endek Kota Denpasar 2019. Para finalis tersebut kemudian mengikuti sejumlah pembekalan dan pelatihan-pelatihan.

Baca juga: Kenakan batik ikan, Susi buka Our Ocean Conference di Bali
Baca juga: "APEC costume", dulu batik kini endek Bali
Baca juga: Tekad Kansai Yamamoto Bawa Bali dan Batik Mendunia

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar