Kaum muda diajak Program Vokasi UI kembangkan industri kreatif digital

Kaum muda diajak Program Vokasi UI kembangkan industri kreatif digital

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Pendidikan Vokasi UI ketika memberikan pelatihan kepada Karang Taruna di Kecamatan Beji Depok. (FOTO ANTARA/HO-Humas UI)

Kami membekali mereka dengan mengadakan seminar dan lokakarya 'Industri Kreatif Berbasis Digital' dengan pengajar enam dosen dan 10 mahasiswa Vokasi UI
Depok (ANTARA) - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) mengajak kaum muda, terutama Karang Taruna di Kecamatan Beji Kota Depok Jawa Barat untuk mengembangkan industri kreatif berbasis digital.

"Kami membekali mereka dengan mengadakan seminar dan lokakarya 'Industri Kreatif Berbasis Digital' dengan pengajar enam dosen dan 10 mahasiswa Vokasi UI," kata Ketua Pengabdian Masyarakat Vokasi UI Arius Krypton di Kampus UI Depok, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangun pengetahuan, keterampilan di bidang industri kreatif sehingga dapat berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui usaha online/digital.

Program Pengabdian Masyarakat Vokasi UI, katanya, menggandeng Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Beji Timur sebagai mitra pelaksana.

Adapun rangkaian kegiatan dimulai dengan diskusi kelompok terarah (FGD) kebutuhan di kelurahan, seminar, lokakarya dan ditutup dengan pelantikan pengurus karang Ttruna dan perayaan Sumpah Pemuda. 

Ia mengatakan bahwa UI,  khususnya Program Pendidikan Vokasi yang berlokasi sangat dekat dengan Kecamatan Beji memiliki tanggung jawab untuk ikut membangun masyarakat sekitar.

"Vokasi UI berupaya memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar dengan program peningkatan pengetahuan dan kemampuan khususnya di bidang industri kreatif," katanya.

Ia menjelaskan, terdapat sejumlah  pakar yang terlibat sebagai narasumber dengan topik pertama Berpikir Kreatif, kedua Desain Grafis, ketiga Kewirausahaan, keempat Digital Maketing, dan kelima Optimalisasi Social Media dan E-Commerce dalam usaha.

Sepanjang 2019, Program Pendidikan Vokasi UI akan melaksanaan 41 pengabdian masyarakat yang merupakan program Hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI.

Program-program yang dijalankan tersebar di seluruh Indonesia dan diharapkan mampu memberi kontribusi kepada masyarakat dan berkesinambungan sehingga memberikan dampak signifikan bagi penerima manfaat, demikian Arius Krypton.

Baca juga: Vokasi UI berdayakan masyarakat di Geopark Gunung Pongkor

Baca juga: Antisipasi bencana, Vokasi UI ingatkan pentingnya kelola arsip vital

Baca juga: 99 persen wisudawan Pendidikan Vokasi UI lulus tepat waktu

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sosiolog UI ajak lakukan 3 hal di tengah wabah COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar