UTU Meulaboh berencana buka program studi ilmu pangan

UTU Meulaboh berencana buka program studi ilmu pangan

Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Prof Jasman J Ma'ruf (kanan) saat memberikan keterangan pers, Sabtu (16/11/2019). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh (ANTARA) - Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh Prof Dr Jasman J Ma'ruf mengatakan pihaknya berencana membuka Program Studi (Prodi) Ilmu Pangan (Food Science) pada 2021.

"Kalau dulu orang menyebutnya gizi. Tapi, sains makanan ini beda karena penjabarannya lebih luas dan merupakan sains dalam makanan," kata Jasman di Meulaboh, Minggu.

Prodi  baru ini diharapkan dapat menghasilkan sejumlah terobosan dalam dunia kesehatan di Indonesia, seperti riset tentang ganja untuk dunia medis, katanya.

Baca juga: Fahri Hamzar: UTU harus jadi medium pertumbuhan publik

Kehadiran prodi baru ini juga mendukung penelitian tentang kasiat kayu untuk pengembangan obat herbal serta berbagai kegunaan lainnya.

Saat ini, pihaknya sedang menyusun proposal pembukaan jurusan baru ini. "Diharapkan pada 2021, prodi ini sudah bisa dibuka bagi penerimaan mahasiswa baru," katanya.

Jasman  meyakini keberadaan prodi ini akan sangat penting bagi masyarakat karena setiap lulusannya diharapkan mampu menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi dunia kesehatan dan obat-obatan herbal di Indonesia.

Prodi Ilmu Pangan di UTU Meulaboh ini pun diharapkan dapat mendukung kehadiran pusat riset ganja untuk kepentingan medis serta  akar kayu untuk pengembangan obat herbal, katanya.

"Kita berharap proposal pembukaan Prodi Ilmu Pangan ini dapat disetujui oleh kementerian terkait, karena betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,"  tuturnya.

Baca juga: Fahri sarankan UTU jadi pusat studi ekonomi syariah

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Rahmad Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pameran sains tingkatkan kreatifitas anak bangsa

Komentar