Tarakan (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Tarakan gelar aksi bersih-bersih bersama dan membagi tas kain belanja ramah lingkungan di Pasar Tenguyun, Tarakan, Sabtu dalam rangka Employee Volunteering (EV).

Bhakti sosial tersebut dilaksanakan dalam bentuk membagikan tas kain belanja ramah lingkungan yang terbuat dari bahan kain serta melakukan kebersihan bersama dengan petugas pasar yaitu membersihkan lingkungan pasar dari sampah plastik dan sampah organik di sekitar pasar Tenguyun.

"Kegiatan ini merupakan kepedulian dan komitmen BPJAMSOSTEK kepada masyarakat sekitar yaitu berupa Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)," kata Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Tarakan, Wira Sirait.

Baca juga: Tekan impor limbah plastik, Pertamina EP perkuat bank sampah Nunukan

Baca juga: ISPA disebut Dinkes Sidoarjo bisa dipicu dari pembakaran sampah

Baca juga: Menikmati kesejahteraan dari ekonomi sampah plastik


Dalam kegiatan bakti sosial itu Wira menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengingatkan masyarakat tentang perlunya kebersihan lingkungan, agar masyarakat membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.

"Setelah aksi kebersihan, kami juga membagikan tas kain belanja sebanyak 300 buah yang ramah lingkungan, dimana tas ini bahannya dari kain sehingga masyarakat dapat menggunakan tas kain ini berulang kali jika sedang berbelanja dan mengurangi penggunaan plastik," kata Wira.

Sementara itu, salah satu petugas pasar Tenguyun, Amin menyambut baik kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh BPJAMSOSTEK Cabang Tarakan di lingkungan pasar Tenguyun.

Ia berharap kegiatan bakti sosial ini menjadi momentum perubahan bagi masyarakat lainnya dalam mengurangi penggunaan kantong plastik.

"Kami berterima kasih kepada BPJAMSOSTEK yang memberi contoh yang baik dalam menjaga lingkungan," kata Amin.

Penggunaan plastik saat ini sudah melampaui batas sehingga mencemari sungai dan laut. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi pemakaian plastik di semua tingkatan, termasuk di kalangan pengguna.*

Baca juga: Ikatan pemulung protes kebijakan larangan botol dan kantong plastik

Baca juga: Pemadaman gudang plastik dekat Bandara Soetta terkendala akses jalan

Baca juga: Selain 3R, ini solusi atasi sampah plastik

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019