Jakarta (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) meraih peringkat Gold dalam ajang Sustainability Report (SR) Award 2019.

Direktur Keuangan PT Pelni Tri Andayani menyatakan Pelni merupakan perusahaan negara yang berorientasi meraih keuntungan, dengan tetap memperhatikan fungsi sosialnya dalam menjamin konektivitas sosial ekonomi masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di pulau-pulau yang sulit mengakses alat transportasi.

"Karena itu kami selalu berusaha mengimbangi kepentingan stakeholder kami, khususnya yang berkaitan dengan aktivitas sosial, lingkungan dan tata kelola perusahaan" ujar dia dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pengakuan SR Award diberikan kepada perusahaan yang dianggap telah membuat pelaporan keuangan dilengkapi dengan pelaporan aktivitas sosial, lingkungan dan tata kelola secara holistik.

Dalam kegiatan operasionalnya, PT Pelni selalu berusaha membangun hubungan yang harmonis dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat dan pekerja, untuk memperkuat kinerja keberlanjutan sekaligus membangun masa depan yang lebih baik.

Keberhasilan meraih SR Award ini tidak luput dari konsistensi perusahaan yang tiga tahun terakhirnya selalu menyediakan akses atas Sustainability Report (SR) perusahaan.

"Dengan menyediakan informasi atas Sustainability Report perusahaan, kami mengundang masyarakat luas untuk ikut terlibat dalam kemajuan perusahaan dan bergerak bersama kami dalam membangun Indonesia yang berkelanjutan," kata Anda.

Penerapan Sustainability oleh perusahaan dapat meningkatkan apresiasi para pemangku kepentingan terhadap akuntabilitas dan transparansi informasi.

Perusahaan yang menyediakan SR secara positif memberikan dampak terhadap keputusan manajemen, meningkatkan kinerja bisnis, kinerja keuangan dan nilai perusahaan dalam jangka panjang.

Aturan setiap perusahaan BUMN untuk menyusun Sustainability Report (SR) sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan Emiten dan Perusahaan Publik.


Baca juga: Pelni sabet penghargaan ajang BUMN Award 2019
Baca juga: Pelni akan rilis aplikasi logistik Januari 2020
Baca juga: Pelni kerahkan seluruh armada layani Natal dan Tahun Baru

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019