Liga Inggris

Laga debut Jose Mourinho bersama Tottenham berakhir manis

Laga debut Jose Mourinho bersama Tottenham berakhir manis

Manajer Tottenham Hotpurs, Jose Mourinho, memberikan tepuk tangan usai laga melawan West Ham United di Stadion London pada Sabtu (23/11/2019). Dalam pertandingan tersebut, Tottenham menang 3-2. ANTARA/REUTERS/Tony O'Brien

Jakarta (ANTARA) - Laga debut Jose Mourinho bersama Tottenham Hotspurs berakhir manis usai mengalahkan tuan rumah West Ham United 3-2 dalam laga pekan ke-13 Liga Inggris di Stadion London, Sabtu malam WIB.

Tottenham unggul 3-0 lebih dulu lewat gol yang diciptakan Son Heung-Min (36'), Lucas Moura (43'), dan Harry Kane (49'). Sementara gol balasan West Ham dicetak Michail Antonio (73') dan Ogbonna (96').

Dengan hasil ini membuat Tottenham mengakhiri catatan buruk tidak pernah menang dalam lima laga terakhir dan kini berada di posisi enam klasemen dengan 17 poin. Sementara West Ham semakin terperosok di posisi 16 dengan 13 poin.

Baca juga: Tottenham tunjuk Jose Mourinho sebagai manajer baru

Melawan West Ham United menjadi ujian pertama Jose Mourinho sebagai manajer Tottenham Hotspurs. Uniknya, Mourinho langsung menghadapi Manuel Pellegrini yang juga sama-sama pernah menangani Real Madrid.

Tottenham juga diunggulkan dalam pertandingan ini. Selain diisi skuat yang berkualitas, kubu tuan rumah tengah berada di tren negatif usai tidak pernah menang dalam enam pertandingan terakhir.

Tottenham juga sama-sama dalam rekor yang buruk. Dari lima pertandingan yang telah dijalani berakhir dengan dua kekalahan dan tiga hasil imbang.

Sejak menit pertama, The Lily Whites langsung menggebrak pertahanan The Hammers. Pada menit ketiga sepakan Harry Kane mampu menembus jala gawang Roberto Jimenez. Namun gol dianulir karena Kane telah terjebak Offside.

West Ham seolah kesulitan menembus pertahanan Toby Alderweireld dan kawan-kawan, bahkan untuk mencapai Final Third mereka mesti berjuang susah payah.

Gol yang dicari Tottenham baru datang pada menit ke-35. Lewat serangan cepat, Alli memberikan umpan tusukan kepada Son di kotak penalti dan melepaskan tendangan kaki kiri yang menjebol gawang the Hammers.

Delapan menit berselang, Tottenham kembali menggandakan keunggulan lewat Lucas Moura. Lewat serangan balik cepat Son yang menusuk di sisi kiri, pemain asal Korea Selatan itu melepaskan umpan silang dan langsung disambar Moura. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Tottenham 2-0.

Pada babak kedua Tottenham masih menguasai jalannya pertandingan. Empat menit usai peluit babak kedua Harry Kane mencatatkan namanya di papan skor. West Ham semakin terbenam.

Tertinggal 0-3 membuat pasukan Manuel Pelegrini meningkatkan intensitas serangan. Gol balasan tuan rumah baru tercipta di menit ke-73 lewat gol Michail Antonio.

Pada menit akhir, The Hammers mampu membuat jala gawang Tottenham kembali bergetar melalui Angelo Ogbonna. Namun gol tersebut tidak mampu menghindarkan West Ham dari kekalahan.

Baca juga: Jurgen Klopp: selamat datang kembali Jose
Baca juga: Solskjaer tidak merasa terancam posisinya diganti Mauricio Pochettino

Baca juga: Pochettino tinggalkan pesan perpisahan untuk pemain Spurs


Berikut susunan pemain;
West Ham XI (4-2-3-1): Roberto Jimenez; Ryan Fredericks, Issa Diop (Sanchez), Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Declan Rice, Mark Noble; Andriy Yarmolenko (Fornals), Robert Snodgrass, Felipe Anderson (Michail Antonio); Sebastien Haller.
Pelatih: Manuel Pelegrini

Tottenham XI (4-2-3-1): Paulo Gazzaniga; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Ben Davies (Danny Rose); Eric Dier, Harry Winks; Lucas Moura (Moussa Sissoko), Dele Alli (Eriksen), Son Heung-min; Harry Kane.
Pelatih: Jose Mourinho

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar