Jelang liburan akhir tahun, simak 6 tips naik kereta api

Jelang liburan akhir tahun, simak 6 tips naik kereta api

Ilustrasi (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Tahun 2019 tidak lama lagi berakhir. Liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Selain kesempatan untuk rehat, liburan akhir tahun juga waktu yang tepat mendekatkan diri bersama keluarga.

Banyak alat transportasi yang bisa digunakan untuk liburan akhir tahun. Banyak orang menggunakan pesawat atau kendaraan pribadi. Nah, tidak ada salahnya kali ini menggunakan kereta api untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat liburan akhir tahun bersama keluarga.

Berlibur dengan kereta api memiliki kelebihan tersendiri. Selain harga lebih terjangkau dibandingkan pesawat, menggunakan kereta api relatif cepat karena anti-macet dibandingkan kendaraan pribadi. Fasilitas kereta api pun kini semakin lengkap dan nyaman.

Agar momen liburan akhir tahun bersama keluarga semakin menyenangkan, berikut enam tips yang bisa dilakukan.

1. Sudah punya jadwal liburan? Segera pesan tiket

Liburan akhir tahun ditunggu banyak orang, tiket kereta api pada akhir tahun pun banyak diminati. Bila sudah memiliki tanggal liburan, pesan tiket sesegera mungkin agar tidak kehabisan. Jangan sampai momen liburan rusak karena kehabisan tiket.

Jadwal kereta api sudah bisa dilihat 30 hari sebelum tanggal keberangkatan. Memesan tiket jauh-jauh hari juga bisa membuat Anda leluasa memilih jenis kelas kereta dan posisi tempat duduk.

2. Pesan tiket secara online

Memesan tiket kereta api kini tentu sangat mudah dengan cara online. Namun, Anda perlu berhati-hati karena banyak tiket palsu berseliweran di dunia maya.

Jangan mudah tertarik dengan harga tiket sangat murah, bahkan tidak realistis. Pintar-pintar memesan tiket dengan memilih agen tiket kereta api terpercaya.

Sebagai online travel company favorit di Indonesia, Traveloka merupakan mitra resmi PT KAI dalam layanan pemesanan tiket. Coba pesan tiket kereta di sini, memesan tiket kereta api untuk liburan akhir tahun bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan aman dan tanpa ribet.

3. Manfaatkan fitur penyedia tiket online

Selain harga terbaik, terdapat fitur-fitur untuk memudahkan pembelian tiket dengan menggunakan Traveloka. Salah satu fitur yang pas digunakan untuk liburan akhir tahun adalah Train Seat Alert.

Jika tanggal liburan sudah ada tapi jadwal tiket belum keluar, Train Seat Alert dari Traveloka memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi ketika tiket yang diinginkan mulai dijual. Jadi bisa selangkah lebih depan berburu tiket kereta api untuk liburan akhir tahun.

4. Pilih kelas kereta api dan tempat duduk yang nyaman

Liburan akhir tahun menggunakan kereta akan memakan waktu perjalanan yang panjang. Apalagi jika destinasi wisatanya sangat jauh. Sudah seharusnya Anda memilih tempat duduk yang nyaman dan sesuai kebutuhan.

Jika destinasi liburan akhir tahun tidak terlalu jauh, kelas ekonomi bisa jadi pilihan untuk menghemat budget. Jika ingin lebih nyaman dengan fasilitas yang lengkap untuk keluarga Anda, sangat disarankan kelas eksekutif atau bisnis.

Pilih tempat duduk jauh dari sambungan antar gerbong agar tidak berisik. Posisi di tengah gerbong merupakan tempat paling nyaman.

5. Membawa bekal dan alat-alat tidur

Sepanjang perjalanan, perut lapar sangat wajar terjadi. Agar perut tidak lapar saat dalam perjalanan naik kereta, sangat penting membawa camilan atau bekal. Bawalah makanan-makanan yang simpel dan mudah dimakan di dalam kereta seperti biskuit atau keripik.

Anda bisa juga mengunjungi gerbong restorasi di dalam kereta. Di sana, terdapat makanan-makanan asupan karbohidrat seperti mie instan dalam cup dan bermacam-macam nasi.

Oh ya, perjalanan naik kereta akan menguras energi selama perjalanan. Anda dapat memanfaatkan waktu perjalanan untuk istirahat dengan membawa bantal leher dan selimut.

6. Kegiatan simpel selama perjalanan

Saat liburan akhir tahun naik kereta, bisa saja Anda atau anggota keluarga yang lain merasa bosan saat perjalanan. Anda bisa melakukan kegiatan sederhana bersama anggota keluarga. Bermain tebak-tebakan, menceritakan kisah lucu, atau bermain kartu bisa juga.

Ambil smartphone atau kamera Anda untuk mengabadikan momen bersama keluarga sekaligus menjadi kegiatan seru saat dalam perjalanan. Regangkan otot dengan mengajak si kecil berkeliling gerbong kereta atau menikmati minuman ringan di gerbong restorasi.

Liburan akhir tahun naik kereta api bersama keluarga bisa menjadi momen menyenangkan yang tak terlupakan. Saat dalam perjalanan seru, sesampainya di destinasi semakin seru. Kesempatan liburan pun jadi tidak sia-sia. Yuk, rencanakan naik kereta api sejak sekarang!

(Advertorial)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Khawatir tsunami, Wisata Gunungkidul menurun

Komentar