Manila, Filipina (ANTARA) - Indonesia meraih satu medali perak dari cabang olahraga bola basket 3X3 putra SEA Games 2019 setelah pada partai final, Senin, dikalahkan tuan rumah Filipina dengan skor 9-21.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Fil Oil Flying V Arena, Manila, Filipina, skuat tim tuan rumah yang diisi pemain-pemain keturunan Amerika Serikat tampil menguasai pertandingan sejak awal.

Hal itu membuat tim Indonesia yang beranggotakan Oki Wira Sanjaya, Rivaldo Pangesthio, Surliyadin dan Muhammad Sandy Ibrahim sulit mengembangkan permainan.

Skuat Merah Putih bahkan tertinggal 8-18 sekitar empat menit menjelang laga usai.

Baca juga: Indonesia ke final 3X3 SEA Games 2019

Tim yang dilatih Ali Budimansyah itu pada akhirnya kalah dengan skor 9-21 dalam laga yang berlangsung dalam waktu delapan menit.

Medali perak itu menjadi medali pertama Indonesia di cabang  bola basket 3X3 SEA Games, karena ajang SEA Games 2019 di Filipina menjadi debut bola basket 3X3 dipertandingkan di ajang pesata olahraga Asia Tenggara itu.

Sejatinya, target Indonesia di 3X3 SEA Games 2019 adalah medali emas untuk putra dan putri. Namun, dalam prosesnya, asa itu tidak bisa terwujud.

Jika tim putra meraih perak, tim 3X3 putri Indonesia gagal lolos ke semifinal setelah hanya mencatatkan satu kemenangan dari lima laga di penyisihan.

Baca juga: Timnas basket 3x3 putri Indonesia telan tiga kekalahan beruntun

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019