SEA Games 2019

Tim tenis Indonesia juara umum

Tim tenis Indonesia juara umum

Petenis ganda campuran Indonesia Christopher Rungkat (kanan) yang berpasangan dengan Aldila Sutjiadi melakukan servis ke arah ganda campuran Thailand Sanchai Ratiwatana dan Tamarine Tanasugarn dalam babak final ganda campuran SEA Games 2019 di lapangan Rizal Memorial Tennis Center, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Christo dan Aldila meraih medali emas setelah menang dengan skor 2-1 (4-6, 6-4 dan 10-8). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Ini prestasi luar biasa karena bisa memenuhi target
Manila, Filipina (ANTARA) - Tim Indonesia menjadi juara umum cabang olahraga tenis SEA Games 2019 Filipina yang berakhir Sabtu, setelah mampu mendulang tiga dari lima emas yang dipertandingkan pada kejuaraan dua tahunan tersebut.

"Ini prestasi luar biasa karena bisa memenuhi target. Tadinya hanya dua emas yang ditargetkan dari nomor ganda campuran dan ganda putri, namun ada tambahan satu emas dari tunggal putri," kata Ketua PB Pelti Rildo Ananda Anwar dalam keterangan resminya di Manila, Sabtu

Emas Indonesia di Filipina dibuka oleh pemain tunggal putri Aldila Sutjadi. Di partai final, pemain unggulan kedua itu sukses mengalahkan wakil Vietnam, Nguyen Savanna Ly dengan skor 6-0 dan 7-5.

Baca juga: Aldila Sutjiadi raih emas SEA Games 2019 dari tenis

Satu hari berikutnya emas diraih oleh ganda putri Beatrice Gumulya/Jessy Rumpies setelah dipartai final mengalahkan ganda putri asal Thailand yang diperkuat pemain legendaris Tamarine Tanasugarn yang berpasangan dengan Peangtarn Plipuech dengan skor 6-3 dan 6-3.

Baca juga: Beatrice/Jessy sumbangkan emas kedua dari tenis SEA Games 2019

Sedangkan emas ketiga dipersembahkan oleh pasangan yang sedang daun Aldila Sutjiadi/Chistopher Rungkat yang sukses mengalahkan pasangan senior Thailand, Sanchai Ratiwatana/Tamarine Tanasugarn dengan skor 4-6, 6-4,10-8.

Baca juga: Christo/Aldila rengkuh emas SEA Games 2019 usai lewati super tie-break

Untuk dua emas tersisa direbut oleh petenis asal Vietnam dan satu lagi untuk tuan rumah Filipina. Indonesia selain meraih tiga emas juga mengumpulkan dua medali perunggu lewat Priska Nugroho dan pasangan Beatrice Gumulya/David Agung Susanto

Menurut dia, keseriusan Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan dalam berlatih ternyata membuahkan hasil yang maksimal, bahkan melebihi apa yang sudah dicanangkan sebelumnya.

Sementara itu, pada babak final ganda campuran, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono hadir memberikan semangat pada Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi.

"Alhamdulillah saya melihat perjuangannya cukup ketat dan cukup percaya diri. Syukurlah kita bisa mendapatkan medali emas dan menjadi juara di tenis," kata Basuki dalam keterangannya.

Baca juga: Para petenis Indonesia jadi unggulan pada tiga kategori

Baca juga: Siap tanding, Indonesia pertahankan komposisi petenis


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Christopher Rungkat: SEA Games 2019 salah satu terbaik

Komentar