Liga Belanda

Feyenoord lumat PSV 3-1 berkat trigol Steven Berghuis

Feyenoord lumat PSV 3-1 berkat trigol Steven Berghuis

Pemain Feyenoord Steven Bergwijn merayakan gol ketiganya ke gawang PSV dalam laga pekan ke-17 Liga Belanda di Stadion Feijenoord, Minggu (15/12/2019). (ANTARA/Feyenoord.nl)

Jakarta (ANTARA) - Feyenoord Rotterdam melumat PSV Eindhoven dengan skor akhir 3-1 berkat trigol yang dibukukan Steven Berghuis dalam laga pekan ke-17 Liga Belanda yang digelar di Stadion Feijenoord, Minggu waktu setempat.

Steven Berghuis tampil gemilang, mengemas trigol yang dua di antaranya dicetak lewat titik putih. Sementara gol hiburan PSV dibukukan Gaston Pereiro enam menit jelang laga bubaran.

Raihan tiga poin ini membuat Feyenoord terus menipiskan selisih poin di lima besar dengan raihan 28 poin, sekaligus meneruskan tren positif enam laga tanpa kekalahan sejak diarsiteki Dick Advocaat.

Baca juga: Feyenoord petik satu poin di kandang Vitesse

Sementara bagi PSV (31) kekalahan ini gagal membuat mereka menyalip Willem II (32) di posisi ketiga klasemen yang pada sehari sebelumnya memecundangi Heerenveen 1-2.

Sejak peluit babak pertama dimulai, kedua tim langsung bermain terbuka dengan silih berganti melakukan serangan. PSV membuka kesempatan pertama lewat Ritsu Doan, sepakannya masih menyamping di sisi kanan gawang.

Tiga menit berselang giliran Feyenoord yang mengancam gawang Lars Unnerstall. Sepakan kaki kiri Steven Berghuis dari dalam kotak penalti mampu diblok dan membuat bola meninggalkan lapangan.

Pada interval 10 menit, PSV menunjukan dominasinya. Tercatat empat kali kesempatan tercipita, namun kokohnya garis pertahanan tuan rumah membuat bola selalu mampu patahkan.

Feyenoord baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-18. Tandukan Steven Berghuis menerima umpan Luis Sinisterra tak mampu dihalau kiper PSV.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda: AZ pangkas jarak keunggulan Ajax

Pada menit ke-32, wasit menghadiahi penalti bagi Feyenoord. Berawal dari akselerasi Luis Sinisterra di sisi kanan kotak penalti, dijatuhkan Denzel Dumfries. Steven Berghuis yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan peluang tersebut. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

PSV yang ingin menjaga jarak dengan AZ Alkmaar langsung mengurung pertahanan tuan rumah di awal babak kedua. Erick Gutierrez hampir mengejar ketertinggalan, namun sepakan mendatar ke sisi kiri gawang Vermeer masih bisa diselamatkan.

Feyenoord justru mendapat penalti kedua saat waktu memasuki menit ke-61 kala Nick Viergever terlihat menyentuh bola dengan tangan. Keputusan itu sempat mendapat protes keras dari PSV, akibatnya tiga pemain yakni Nick Viergever, Denzel Dumfries, dan Daniel Schwaab di kartu kuning.

Steven Berghuis yang kembali menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan itu sekaligus mengemas trigol dalam pertandingan kali ini.

Baca juga: Dwigol Oussama Idrissi antarkan AZ Alkmaar tempel ketat Ajax

PSV baru bisa menipiskan ketertinggalan enam menit jelang laga bubaran. Pemain pengganti Gaston Pereiro yang baru masuk menggantikan Ritsu Doan melepaskan sepakan di dalam kotak penalti memanfaatkan asis Mohamed Ihattaren.

Hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor 3-1 untuk kemenangan Feyenoord atas PSV Eindhoven.

Susunan pemain:

Feyenoord (4-3-3): Kenneth Vermeer; Greetruida, Eric Botteghin, Marcos Senesi, Tyrell Malacia; Jens Toornstra, Leroy Fer, Orkun Kokcu (Tapia); Steven Berhuis, Nicolai Jorgensen, Luis Sinisterra (Sam Larsson).
Pelatih: Dick Advocaat

PSV (4-3-3): Lars Unnerstall; Denzel Dumfries, Daniel Schwaab, Nick Viergever, Olivier Boscagli; Pablo Rosario, Erick Guiterrez, Mohammed Ihattaren; Ritsu Doan (Pereiro), Donyell Malen (Gakpo), Steven Bergwijn.
Pelatih: Mark van Bommel

Baca juga: PSV pesta gol ke gawang Fortuna Sittard

Baca juga: Ajax dipecundangi Willem, berakhir sudah catatan tak terkalahkan

Baca juga: Masih latih Belanda, Koeman tidak nyaman dikaitkan dengan Barcelona

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar