Saat ini untuk sektor kuliner sudah terbentuk di Kecamatan Bojongsari, dan baru-baru ini sektor fesyen di Kecamatan Cipayung
Depok (ANTARA) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok Jawa Barat memprogramkan satu kecamatan satu sentra industri untuk menguatkan perkembangan industri kreatif di kota tersebut.

"Saat ini untuk sektor kuliner sudah terbentuk di Kecamatan Bojongsari, dan baru-baru ini sektor fesyen di Kecamatan Cipayung," kata Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti di Depok, Kamis.

Ia berharap program ini bisa terealisasi sesuai dengan potensi masing-masing kecamatan. Ke depan, program-program ini bisa disinergikan dengan komunitas dan instansi lainnya, termasuk dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok.

Baca juga: Kaum muda diajak Program Vokasi UI kembangkan industri kreatif digital

"Antara lain menggeliatkan pelatihan dan kegiatan-kegiatan promosi. Mudah-mudahan dalam dua kegiatan ini, kita bisa lebih bersinergi lagi dalam pelaksanaannya dengan berbagai instansi," ujarnya.

Pihaknya berkomitmen memperkuat bidang perdagangan dan industri kreatif di Kota Depok yaitu dengan melakukan penguatan perdagangan luar jaringan (luring) atau offline dan membuat klaster sektor industri.

Baca juga: UI perkenalkan teknologi kemasan produk industri rumahan

Saat ini perdagangan luring kondisinya susah bergerak dengan maraknya marketplace online. Karena itu, guna mendorong penguatan perdagangan luring, pihaknya akan mengkombinasikan dengan kegiatan yang bersifat wisata. 

Kania mencontohkan dengan mengadakan bazar kapasitas besar, sehingga menarik minat masyarakat untuk datang dan bertransaksi secara langsung.

Baca juga: Pemkot Depok catat pendapatan layanan IMB mencapai Rp21 miliar

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019