Studio rekaman legendaris Led Zeppelin dan Black Sabbath akan dijual

Studio rekaman legendaris Led Zeppelin dan Black Sabbath akan dijual

Ruang kontrol audio studio Monnow Valley (ANTARA/monnowvalleystudio.com)

Jakarta (ANTARA) - Studio rekaman Monnow Valley yang pernah digunakan band legendaris Led Zeppelin akan dijual.

Ruang rekaman Monnow Valley juga menjadi saksi terciptanya karya musik dari band besar lain, seperti Oasis, Black Sabbath, hingga Manic Street Preachers.

Dilansir NME, Kamis, studio rekaman Monnow Valley yang berada di Monmouthshire, Wales, awalnya digunakan sebagai ruang latihan untuk studio Rockfield yang berada tak jauh dari lokasi di mana Queen pernah merekam "Bohemian Rhapsody" pada tahun 1975.

Seperti dilaporkan BBC, Rockfield Studio didirikan pada awal tahun 1960an oleh dua bersaudara Charles dan Kingsley Ward setelah mereka mengubah lahan pertanian mereka.

Monnow Valley awalnya digunakan sebagai fasilitas latihan untuk Rockfield tetapi menjadi studio independen ketika Charles memutuskan untuk membuka cabang sendiri di awal tahun 1980an. Studio itu kemudian terpecah, dengan Monnow beroperasi secara independen sejak itu.

Selain itu, studio ini juga pernah masuk dalam sampul depan untuk debut lagu band Oasis berjudul "Supersonic" (1994). Dalam foto itu band asal Manchester berpose saat melakukan rekaman di salah satu ruang studio.

Bahkan piano dalam gambar sampul tersebut kemudian terjual seharga 13.000 poundsterling di acara lelang.

Studio Monnow Valley telah beberapa kali berganti nama kepemilikan selama bertahun-tahun tetapi tetap berfungsi sebagai tempat rekaman dan latihan.

Baca juga: Paul McCartney dan Ringo Starr Beatles reuni di studio musik

Baca juga: Paul McCartney Pakai Studio Rekaman Baru

Penerjemah: Yogi Rachman
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar