Tanjungpinang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, menyiapkan lahan parkir untuk kendaraan yang dititipkan pemudik Natal dan Tahun Baru 2020.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang di Bintan, mengatakan bahwa penitipan kendaraan juga dapat dilakukan di polsek-polsek seandainya Mapolres Bintan jauh dari kediaman para pemudik.

"Kami siapkan pelayanan kepada para pemudik untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan bermotor saat warga meninggalkan rumah selama masa libur Natal dan Tahun 2020," kata Kapolres.

Selain menyiapkan lahan parkir untuk kendaraan pemudik, Polres Bintan juga mengingatkan pengendara sepeda motor dan mobil untuk mewaspadai jalan bergelombang di Jalan Lintas Barat. Di jalan itu kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Waspadai juga ketika berada di Simpang Gesek arah Tanjung Uban dan Trikora," kata AKBP Boy Herlambang.

Baca juga: Kabaharkam pesan polisi hadir di jalur-jalur mudik

Baca juga: Kakorlantas: Arus kendaraan pemudik Tol Trans Jawa naik 40 persen

Baca juga: Pemudik diimbau hati-hati saat melintasi Tol Elevated Jakarta-Cikampek


Boy mengatakan bahwa pihaknya juga menyosialisasikan kepada pengendara sepeda motor dan mobil untuk mewaspadai jalan yang rawan kecelakaan. Sosialisasi itu, antara lain, dengan menggunakan spanduk.

"Pengendara sepeda motor dan mobil memperhatikan laju kendaraan, terutama saat hujan, dan jalan licin," ucap Kapolres Bintan.

Pelayanan juga diberikan kepada pengguna alat transportasi laut, terutama kepada nelayan.

Para nelayan yang menggunakan pelabuhan rakyat diberikan jaket pelampung untuk menjaga keselamatan mereka, terutama saat musim angin utara, seperti yang terjadi sekarang.

"Kami imbau nelayan tidak melaut saat gelombang tinggi dan hujan deras yang disertai petir. Utamakan keselamatan saat melaut," katanya.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019