Jombang (ANTARA News) - Puluhan kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu mengamuk.

Para kader dari sejumlah Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Hanura se-Kabupaten Jombang itu menurunkan dan membakar atribut partainya.

Mereka menuntut Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kabupaten Jombang, Ipong Silalahi, turun dari jabatannya karena dinilai telah mengkhianati AD/ART partai yang didirikan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Wiranto itu.

"Kalau Ipong tidak mau mundur, biar kami yang akan mundur dari partai ini," kata Ketua PAC Partai Hanura Kecamatan Diwek, Siroso.

Ia menilai, Ipong Silalahi lebih mementingkan orang dari luar partai sebagai Calon Anggota Legislatif (Celag) dibandingkan kader Partai Hanura sendiri.

Aksi brutal kader Partai Hanura itu merupakan tindak lanjut dari aksi yang dilakukan pada 31 Oktober 2008. Saat itu beberapa kader sempat melancarkan protes di kantor DPC Partai Hanura Kabupaten Jombang, namun tidak berujung pada tindak kekerasan.

"Karena sampai sekarang kami tidak mendapatkan jawaban baik dari DPC maupun DPW Hanura Jatim atas tuntutan kami sebelumnya, maka kami pun melakukan aksi ini," kata Suroso.

Para kader partai itu meluapkan kekecewaan dengan merusak papan nama kantor DPC Partai Hanura di Jalan Raya Mancar dan membakar bendera partai.

Bahkan beberapa dokumen penting yang tersimpan di dalam kantor tersebut tak luput dari sasaran amuk mereka.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2008