Jakarta (ANTARA) - Baznas DKI Jakarta menyediakan layanan kesehatan untuk para pengungsi di sejumlah posko layanan bencana yang tersebar di beberapa titik di Jakarta sejak 1 Januari 2020.

Ketua Baznas DKI Jakarta Luthfi Fathullah dalam rilisnya di Jakarta, Ahad, mengatakan layanan kesehatan akan di adakan di posko-posko Baznas DKI yang tersebar di beberapa titik di Jakarta.

Posko layanan kesehatan tersebut antara lain tersedia di Posko Pengungsi Masjid Baitul Muslim yang sedang memberikan Layanan Kesehatan kepada warga RW 05 dan RW 06 Kelurahan Karet Tengsin Jakarta Pusat.

"Jika masyarakat masih membutuhkan layanan kesehatan, kita akan adakan di sana, di posko pengungsi yang membutuhkan layanan kesehatan," katanya.

Baca juga: Anies distribusikan karbol gratis bagi warga terdampak banjir Jakarta

Baca juga: Kisah Heri, penjaga sekaligus penyelamat sekolah saat banjir

Baca juga: Anies diajak ngevlog oleh warganya


Menurut dia, Baznas DKI sudah menyiapkan tim medis yang terdiri dari para dokter, perawat, apoteker dan penyuluhan kesehatan, serta para relawan Tanggap Bencana Baznas DKI Jakarta yang selalu siap membantu dan melayani masyarakat di posko Pengungsi.

Tim layanan kesehatan banyak menangani pengungsi dari kalangan ibu dan anak-anak yang membutuhkan pengobatan karena mengeluhkan batuk, pilek demam dan penyakit kulit akibat banjir.

"Ini bentuk komitmen Baznas DKI Jakarta untuk meringankan beban dari pengungsi yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut," ujarnya.

Sampai saat ini total sekitar 500 jiwa yang mendapatkan layanan kesehatan Baznas DKI Jakarta dari tiga puluh posko yang telah didirikan.

Jumlah tersebut berpotensi bertambah mengingat di beberapa posko Baznas DKI yang masih aktif dan di rumah warga yang masih terendam banjir sangat membutuhkan layanan kesehatan.*

Baca juga: Diguyur hujan, Anies kerja bakti di Kampung Makasar

Baca juga: Pascabanjir Jakarta, layanan Samsat Keliling hanya ada di Jakpus

Baca juga: Anies akan evaluasi penanganan banjir Jakarta

Pewarta: Subagyo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020