Jakarta (ANTARA News) - Pertandingan babak kedelapan tidak berpihak kepada tim putri Indonesia, Sabtu, setelah tim Merah-Putih yang unggulan ke-67 harus mengakui kemenangan unggulan ke-33 tim putri Italia dengan skor 1,5 - 2,5 di Olimpiade Catur ke-38 di Dresden, Jerman.

Kekalahan tim Indonesia dialami Dewi AA Citrayang yang harus takluk dari MFW Marina Brunello pada langkah ke-45 dan Kadek Iin Dwiyanti yang ditaklukan MFW Maria De Rosa pada langkah ke-33, demikian laporan Humas PB Percasi dari Dresden.

MIW Irene Kharisma Sukandar di papan satu menghadapi GMW Olga Zimina mampu membuat Olga kewalahan karena harus menghadapi berbagai ancaman taktis seperti menggarpu Menteri dan Raja sehingga membuat blunder kehilangan satu Kuda pada langkah ke-27.

Unggul materi Irene menyelesaikannya dengan baik pada langkah ke-48 pertahanan Ruy Lopez variasi Archangelsk.

Evi Lindiawati di papan dua kembali berhasil bertahan remis dalam posisi ketinggalan satu bidak dalam permainan akhir Kuda dengan Evi punya enam bidak dan lawannya MFW Eleonora Ambrosi mempunyai tujuh bidak.

Eleonora setuju remis pada langkah ke-52 pertahanan Skandinavia setelah remis memastikan regunya menang 2,5-1,5 atas Indonesia.

Hasil Kekalahan tersebut membuat ranking sementara tim putri Indonesia melorot ke peringkat 55 dengan tetap nilai 8 MP (kemenangan regu).

Di putri, Cina memimpin dengan 14 MP lalu empat regu di bawahnya dengan sama 13 MP yaitu AS, Ukraina, Polandia dan Serbia. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2008