Liga Belanda

Pecundangi Heracles, Feyenoord naik ke posisi tiga

Pecundangi Heracles, Feyenoord naik ke posisi tiga

Penyerang Feyenoord Eric Botteghin merayakan golnya ke gawang Heracles dalam laga pekan ke-20 Liga Belanda di Stadion Erve Asito, Sabtu (26/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/Twitter/Feyenoord)

Jakarta (ANTARA) - Feyenoord sukses memecundangi Heracles Almelo 3-2 dalam laga pekan ke-20 Liga Belanda, Minggu WIB, sekaligus membuat anak-anak asuh Dick Advocaat itu naik ke posisi tiga klasemen sementara.

Raihan tiga poin ini membuat Feyenoord mengoleksi 37 poin, atau menggeser posisi PSV Eindhoven dan Willem II yang baru bermain sehari berselang. Kini mereka terpaut tujuh angka dari penghuni posisi kedua AZ Alkmaar dan 10 poin dari Ajax.

Bermain di Erve Asito, markas Heracles, Feyenoord sempat tertinggal lebih dulu berkat gol Maximilian Rossmann pada babak pertama, sebelum dibalas tiga gol Jens Toornstra, Sinisterra, dan Eric Botteghin di paruh kedua.

Maximilian sempat memperkecil kedudukan pada menit 78, namun tetap tak bisa menyelamatkan Heracles dari kekalahan, demikian catatan Liga Belanda.

Feyenoord yang kembali bertranformasi menjadi klub papan atas Liga Belanda setelah pada putaran pertama terseok-seok di papan bawah klasemen, mendominasi penguasaan bola sepanjang pertandingan.

Baca juga: Feyenoord lumat Heerenveen 3-1 di kandang

Baca juga: AZ Alkmaar jaga selisih poin dari puncak, Feyenoord atasi Zwolle


Meski mendominasi, Feyenoord dibuat kesusahan dalam mengantisipasi serangan balik yang dilancarkan Heracles terutama pada babak pertama. Gol pertama Heracles juga berawal dari serangan balik cepat.

Bola yang sempat dibuang bek Feyenoord dan berbuah tendangan sudut, berhasil dikonversi menjadi gol oleh Maximilian Rossmann lewat sundulan.

Namun gol penyama kedudukan yang dicetak Jens Toornstra saat laga babak kedua memasuki menit ke-3, menjadi titik balik Feyenoord terus membombardir lini pertahanan tuan rumah.

Luis Sinisterra mengubah papan skor menjadi 2-1 saat tendangannya menerima umpan Tyrell Malacia menghujam jala gawang Heracles pada menit ke-53. Empat menit berselang Eric Botteghin memperlebar jarak keunggulan menjadi 3-1.

Baca juga: Feyenoord dan Groningen petik kemenangan akhir tahun

Baca juga: Prilaku fansnya buruk, UEFA sanksi Fayenoord saat bertandang ke Porto


Heracles yang pada babak kedua terus-menerus digempur, berupaya keras untuk mengejar ketertinggalan. Kerja keras mereka berbuah hasil saat Maximilian mencetak gol keduanya setelah memaksimalkan umpan silang Mohammed Osman.

Akan tetapi gol Maximilian itu tak mampu membawa Heracles kembali mengejar ketertinggalan dan harus menyerah 3-2 dari Feyenoord.

Sementara dipertandingan lain, VVV Venlo mampu bangkit untuk mengakhiri laga 2-1 atas tuan rumah, RKC Waalwijk. VVV Venlo tertinggal lebih dulu lewat gol Emil Hansson pada babak pertama

Pada paruh kedua, VVV berhasil membalikkan kedudukan berkat sumbangan gol yang dibukukan Jonathan Opoku dan Oussama Darfalou masing-masing pada menit ke-76 dan 82.

Hasil ini membuat Waalwijk menelan kekalahan lima kali beruntun atau kekalahan ke-15-nya di Liga Belanda. Mereka semakin terbenam di dasar klasemen dengan raihan 11 poin.

Sementara bagi Venlo, raihan tiga poin ini membuat mereka keluar dari zona degradasi dan kini menempati posisi 15 dengan 19 poin. Namun posisi mereka bisa kembali tergeser oleh PEC Zwolle yang baru bertanding sehari setelahnya.

Baca juga: PSV amankan satu poin dari VVV berkat gol menit terakhir

Baca juga: Ajax menang 4-1 di kandang Venlo

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar