Bandung - (ANTARA News) - Kapolda Jabar, Irjen Polisi Timur Pradopo menyatakan berdasarkan laporan dari berbagai daerah pelaksanaan misa natal di seluruh gereja di Jawa Barat berlangsung aman dan lancar.

"Dengan pengerahan personil sekitar 14.600 orang, pelaksanaan pengamanan berjalan aman dan lancar, tidak ada aduan atau laporan dari masyarakat yang menuju kepada gangguan keamanan selama Hari Raya Natal 2008 berlangsung," katanya.

Di Kota Bandung sebanyak 56 gereja melaksanakan misa natal dan beberapa gereja yang memiliki jemaat cukup banyak melakukan pengamanan internal dengan ketat diantaranya Gereja Katedral, Gereja Bethel, Gereja HKBP, Gereja Rehobot dan Gereja Rohobot.

Polwiltabes menurunkan 3.100 personelnya untuk mengamankan ke-56 gereja tersebut dan Tim Gegana Brimob Polri juga melakukan penyisiran di beberapa gereja yang memiliki banyak jemaat.

Sementara itu di Cirebon sebanyak 36 gereja menyelenggarakan misa natal dan Unit Jihandak Detasemen C Brimob melakukan penyisiran di beberapa tempat seperti Gereja Filadelfi, Gereja Kristen Pasundan, Gereja Katolik Santo Yusuf,

Penyisiran dilakukan di dalam tempat dilaksanakannya misa natal, aksesoris natal, altar dan pohon natal dengan menggunakan metal detector dan hasilnya tidak ditemukan keganjilan yang dapat mengganggu keamanan natal. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2008