Makassar (ANTARA) - MB Fest 2020 atau Makassar Bike Festival 2020 yang pertama kali akan digelar di Indonesia Timur bertempat di Fort Roterdam Kota Makassar akan menghadirkan atlet nasional, Kuzmawati Yazid, pebalap MTB XC wanita nomor 1 di Indonesia.

General Manager Dunia Sepeda Makassar selaku distributor polygon di Sulawesi pada temu wartawan di Makassar, Kamis, menyampaikan MB Fest 2020 merupakan even pertama yang akan menggerakkan kaum milenial untuk bersepeda.

MB Fest 2020 akan dilaksanakan pada 14-15 Maret di Fort Rotterdam Makassar dan akan diikuti oleh seluruh komunitas sepeda di Makassar serta masyarakat umum yang ingin berpartisipasi dari berbagai usia. Kegiatan ini berkonsep sepeda dan alam.

"Oleh karena itu, kami dari polygon dan dunia sepeda mengundang langsung Kuzmawati Yasid sebagai atlet sepeda untuk berbagi tips dengan pesepeda di Kota Makassar sekaligus menggaet kaum milenial untuk tertarik bersepeda," jelasnya.

Sebagai atlet sepeda dari Indonesia, Kuzmawati merupakan atlet yang paling setia menggunakan polygon dalam setiap even pertandingannya. Hal ini karena Polygon menjadi produk dari dalam negeri yang diproduksi langsung di Sidoarjo.

Pada even perdana di Makassar itu, Kuzmawati Yazid dijadwalkan akan mengisi coaching clinic bagi pesepeda untuk memperoleh ilmu terkait mencegah terjadinya cedera sekaligus penanganan cedera dalam kondisi darurat secara baik dan benar saat bersepeda.

"Kehadiran atlet nasional ini dengan harapan pesepeda lainnya mendapatkan tips bersepeda yang baik dan benar langsung dari ahlinya," katanya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Komunitas Orang Bike (Korb) itu dilandaskan pada gerakan masyarakat sehat dengan sepeda. Sebagai ajang kampanye khususnya bagi kawula muda atau kaum milenial untuk tertarik bersepeda, efeknya menyehatkan badan dan lingkungan.

Ketua Korb, Ridwan menyampaikan minat bersepeda di Makassar cukup tinggi, hal ini terlihat dari antusiasme pesepeda pada setiap even bersepeda yang digelar.

Selain itu, sejak berdirinya komunitas ini delapan bulan lalu, kata Ridwan, anggota Korb terus bertambah. Sehingga inisiasi menggelar MB Fest 2020 merupakan inisiasi yang bagus bagi masyarakat secara luas, khususnya milenial untuk mencintai sepeda dan giat menggunakannya.

"Kita berharap even ini bisa berlanjut dan mampu membangkitkan kaum milenial untuk gemar bersepeda," ungkapnya.

"Jika kita rombongan bareng-bareng, orang yang melihat kita akan iri dan ikut, sebab manfaatnya banyak, utamanya dari segi kesehatan kita dan mengurangi polusi," lanjutnya.

MB Fest 2020 yang akan memperkenalkan dan memajang berbagai jenis sepeda sesuai dengan masanya menargetkan pengunjung sekitar 5000 orang dan target peserta 1000 orang.

"Semua jenis sepeda akan kita pajang. Sepeda yang belum ada di sini kita akan datangkan," tambah Managing Director RJK Event, Faizal TN selaku penanggungjawab kegiatan.

Ia menyebutkan even bagi pecinta sepeda ini tidak muluk-muluk dalam hal target yang ingin dicapai. "Kita mulai dari hal yang terkecil, karena kami mau sentuh kaum milenial untuk suka dulu sama sepedanya, jika sudah suka, mereka akan mencintai lingkungan sebagai solusi tanpa polisi," paparnya.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020