Pangkalpinang (ANTARA News) - Perusahaan Umum (Perum) Damri Provinsi Bangka Belitung (Babel) menyediakan empat unit bus khusus pariwisata untuk melayani para wisatawan yang ingin mengunjungi sejumlah obyek wisata di daerah itu.

"Kami tidak saja menyediakan bus angkutan dalam provinsi (AKDP),tetapi juga empat unit bus pariwisata yang siap melayani para wisatawan yang ingin mengunjungi sejumlah obyek wisata menarik dan eksotis di daerah ini," kata Kepala Perum Damri Babel, Kamali di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan, bus pariwisata tersebut memiliki dua kelas yaitu ekonomi dan AC dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman bagi penumpang.

"Sebelumnya bus Damri hanya melayani penumpang AKDP namun pada 2009 kami juga menyediakan bus pariwisata yang khusus melayani wisatawan mancanegara dan nusantara," katanya.

Menurut dia sebagaimana layaknya sebuah perusahaan, Perum Damri juga harus memikirkan kepentingan bisnis dengan tidak mengenyampingkan kontribusi yang diberikan kepada pemerintah daerah.

"Penyediaan empat unit bus Damri khusus untuk pariwisata karena prospek bisnisnya cukup menjanjikan,disamping membantu program `Babel Archi 2010` yang dicanangkan pemerintah daerah yaitu bertekad mendatangkan ribuan wisatawan ke daerah ini," katanya.

Menurut dia,ketersediaan transportasi yang memadai salah satu upaya untuk meningkatkan sektor kepariwisataan di daerah itu,terutama dalam menarik minat pengunjung.

"Empat unit bus pariwisata dari Perum Damri,salah satu upaya mengatasi keterbatasan fasilitas transportasi di daerah ini dalam mendukung kemajuan pariwisata," katanya.

Ia menjelaskan,empat bus tersebut di tempatkan di beberapa titik diantaranya Bandara Depati Amir dan sejumlah pelabuhan yang menjadi pintu masuk para wisatawan.

"Kami sengaja mengarah kepada angkutan pariwisata karena angkutan penumpang umum terus mengalami penurunan dalam upaya menjaga stabilitas binis dan membantu program pemerintah," katanya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009