Surabaya (ANTARA News) - Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Yasuji Odoko, dijadwalkan meresmikan proyek pengadaan sarana air bersih di Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang dananya berasal dari bantuan hibah Pemerintah Jepang, Kamis (26/2).

Informasi yang diperoleh ANTARA dari Konjen Jepang di Surabaya, Rabu, menyebutkan proyek pengadaan sarana air bersih itu berada di Desa Kemuning Lor dan Suco Pangepok dikerjakan sejak akhir Februari 2008.

Untuk proyek ini, Pemerintah Jepang mengalokasikan bantuan hibah dalam program keamanan manusia lapisan bawah sebesar 84.039 dolar AS atau lebih kurang Rp850 juta.

Pembangunan proyek itu dilaksanakan Pusat Studi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSPSDM) yang diketuai Nur Akhmad Yani.

Kerja sama Konjen Jepang dengan PSPSDM telah terjalin sejak tahun 2000 dan sebanyak tujuh proyek dari dana bantuan hibah sudah diselesaikan.

Proyek yang ditangani PSPSDM lebih difokuskan pada pengadaan sarana air bersih di berbagai wilayah di Indonesia, terutama Jatim.

"Diharapkan dengan selesaikan proyek di Desa Kemuning Lor dan Suco Pangepok Jember, sekitar 1.500 warga di desa itu bisa mendapatkan air bersih yang memadai," kata Yasuji Odoko seperti dikutip dari Staf Penerangan Konjen Jepang di Surabaya, Arvil Syahadat.

Ia juga berharap beban ekonomi masyarakat yang tinggal di dua desa tersebut bisa lebih ringan dan kualitas kesehatannya lebih meningkat.

Beberapa waktu sebelumnya, Konjen Jepang Yasuji Odoko juga meresmikan proyek relokasi gedung sekolah di Kabupaten Pacitan yang dananya juga berasal dari bantuan hibah Pemerintah Jepang.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009