Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) turut berpartisipasi dalam Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2020, forum yang diselenggarakan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) guna mempertemukan para pemangku kepentingan di sektor pertanian se-Asia.

Dalam acara tersebut, PT Pupuk Indonesia (Persero) berupaya memperkenalkan berbagai produk-produk solusi pertanian lewat gerai "booth" yang terletak di pintu masuk Forum ASAFF 2020 di JCC Senayan, Jakarta.

"Di acara ini, kami berusaha memperkenalkan produk-produk yang menjadi solusi pertanian, baik pupuk maupun non pupuk, khususnya lagi produk non subsidi," kata Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia Wijaya Laksana di acara ASAFF 2020 JCC Senayan Jakarta, Kamis.

Baca juga: Indonesia inisiasi kolaborasi untuk ketahanan pangan Asia

Wijaya menjelaskan perseroan menyadari peran penting petani bagi ketahanan pangan Nasional, di mana petani adalah pelaku utama di sektor pertanian. Oleh karena itu, Pupuk Indonesia berusaha menghasilkan produk dan layanan yang dapat membantu petani dalam meningkatkan hasil produktivitasnya.

Saat ini, Pupuk Indonesia pun memang tengah berfokus pada pengembangan pupuk-pupuk jenis non urea, khususnya NPK dengan berbagai komposisi untuk berbagai jenis tanaman. Selain itu, produk seperti pestisida, benih, hingga pupuk hayati juga dibutuhkan petani guna memperbaiki struktur tanah.
Berbagai produk Pupuk Indonesia yang ditampilkan di gerai acara ASAFF 2020 JCC Senayan Jakarta. (Mentari Dwi Gayati)


"Kami hadir karena menyadari betul peran penting petani bagi ketahanan pangan nasional, termasuk tentunya juga bagi kelangsungam perusahaan, di mana petani adalah stakeholder utama kami," kata Wijaya.

Di gerai tersebut, para pengunjung juga dapat berkesempatan memenangkan hadiah dengan ikut bermain games interaktif bernama "Kahoot". Dengan permainan ini, pengunjung juga akan diperkenalkan terkait industri pupuk dengan cara yang menyenangkan.

Salah satu pengunjung, Rony, mengaku tertarik ikut bermain games Kahoot karena juga bisa menguji seputar pengetahuan umum.

Baca juga: HKTI selenggarakan forum pelaku pertanian Asia

"Seru gamesnya, dan menarik karena harus cepat-cepat pilih jawabannya supaya tidak kalah dengan pengunjung lain," kata dia.

Cara bermain games Kahoot pun mudah, karena pengunjung hanya perlu mengakses www.kahoot.id dari ponsel mereka masing-masing. Setelah memasukkan pin, pengunjung akan bersaing dengan pemain lainnya dan harus cepat menjawab pertanyaan di layar TV.

Tiga pemain terbaik akan mendapat hadiah "merchandise" dari Pupuk Indonesia, dan yang kalah juga bisa berkesempatan mendapatkan hadiah lewat 'lucky wheel".

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020