Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan penyempitan jalur kendaraan bermotor di Jalan Kebon Sirih dan Jalan Agus Salim sebagai imbas dari penataan ulang jaringan kabel utilitas fiber optik yang melewati dua kawasan itu.

Penataan jaringan kabel utilitas itu selama sekitar satu bulan mulai Rabu (11/3) hingga Rabu (22/4) dan dikerjakan secara bertahap oleh pengelola kabel utilitas.

"Selama pekerjaan berlangsung, akan terjadi pengurangan/penyempitan lebar lajur pada area pekerjaan dengan dimensi area pekerjaan 20x4 meter untuk penempatan mesin Horizontal Directional Drilling (HDD) dan 4x4 meter untuk lubang galian," kata Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA, Jumat.

Baca juga: Penataan empat stasiun MRT-KAI ditargetkan rampung Maret 2020

Penataan ulang jaringan kabel utilitas itu rencananya dilakukan dengan detil sebagai berikut:

Untuk Jalan Kebon Sirih pengerjaan dilakukan di enam titik di sepanjang jalan mulai dari simpang Jalan MH Thamrin hingga Simpang Tugu Tani.

Sedangkan untuk pengerjaan utilitas di Jalan Agus Salim dengan jumlah yang sama yaitu 6 titik pengerjaan terbagi jadi dua.

Mulai dari Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Simpang Jalan Kebon Sirih dan Simpang KH Wahid Hasyim sampai Simpang Jalan Sutan Syahrir.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan," ujar Syafrin.

Syafrin mengatakan, pengelola pengerjaan jaringan utilitas, yaitu PT JIG Nusantara Persada bertanggung jawab sepenuhnya atas keselamatan pengguna jalan baik pengguna kendaraan maupun pejalan kaki.
Baca juga: Kemacetan di Jakarta berkurang

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020