...tindakan preventif menjadi penting sehingga kini bisa melakukan pendeteksian kepada siapa saja yang keluar masuk di area perkantoran.
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menerapkan satu pintu masuk ke kantor pusat pemerintahan  setempat di Tigaraksa sebagai antisipasi virus corona (COVID-19) dan upaya pencegahan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moc. Maesyal Rasyid di Tangerang, Jumat mengatakan saat ini diwajibkan masuk dari jalur loby utama gedung.

"Semua jalur pintu masuk dari arah kiri dan kanan serta belakang untuk sementara tidak diaktifkan," katanya.

Pihaknya meminta maaf kepada warga yang membutuhkan pelayanan yang hendak ke pusat pemerintahan atas masalah tersebut karena untuk mengantisipasi corona.
Baca juga: Dinkes Tangerang tingkatkan kewaspadaan penyebaran corona

Sedangkan jalur pintu alternatif yang selama ini bisa dilintasi pegawai dan warga, baik dari arah Timur maupun Barat ditutup.

Menurut dia, tindakan preventif menjadi penting sehingga kini bisa melakukan pendeteksian kepada siapa saja yang keluar masuk di area perkantoran tersebut.

"Pemkab Tangerang berupaya melakukan pencegahan secara dini di antaranya adalah mensentralisasi pintu masuk kantor sekertariat daerah ini," katanya.

Selain itu, Mata Maesyal bahwa pihaknya menyediakan alkohol sanitasi pembersih tangan di pintu utama tersebut.

Bahkan pembersih tangan itu disediakan pada sejumlah lokasi strategis dan pelayanan publik serta pegawai pada tiap lantai gedung bertingkat lima tersebut.
Baca juga: Tujuh upaya Pemkot Tangerang dalam menghadapi virus corona
Baca juga: Sekolah di Tangerang galakkan gerakan cuci tangan


Namun pemberlakukan satu pintu masuk tersebut dipastikan tidak menggangu pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Upaya tersebut merupakan tindakan pencegahan, sedangkan aktivitas pelayanan dan jam kerja pegawai tetap normal tanpa ada gangguan.

Sementara itu, Gubernur Banten, Wahidin Halim melalui tayangan video menjelaskan terdapat empat warga Banten yang terkena corona.

Gubernur berharap agar warga selalu waspada dan menghindari tempat keramaian bila tidak penting dan selalu menjaga kesehatan serta mengunakan masker bila ke luar ruangan.
Baca juga: Dinkes Tangerang simulasi penanganan virus corona libatkan 32 RS
 

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020