Bupati Kapuas Hulu larang masyarakatnya ke Malaysia

Bupati Kapuas Hulu larang masyarakatnya ke Malaysia

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia - Malaysia di Kecamatan Badau, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat (Antara Kalbar/Timotius)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Abang Muhammad Nasir melarang masyarakatnya ke Negara Malaysia, dengan tujuan mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19 ke daerah tersebut.
 
"Saya imbau jangan ada masyarakat yang ke Malaysia, kalau ada yang masih saja berpergian ke Malaysia, jangan pulang dulu ke Kapuas Hulu, jangan keluar masuk di pintu negara," kata Nasir kepada ANTARA di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin.
 
Dikatakannya, petugas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia - Malaysia di Kecamatan Badau wilayah Kapuas Hulu juga harus tegas dalam mengambil langkah dan kebijakan terkait ancaman wabah virus Corona.
 
Menurut dia, instruksi Presiden Joko Widodo dan Gubernur juga sudah jelas, melarang warga negara Indonesia keluar negeri, tentu hal tersebut harus ditindaklanjuti oleh petugas di perbatasan.

Baca juga: Pulang umrah satu warga Kapuas Hulu dalam pantauan petugas kesehatan

Baca juga: Dokter-paramedis diimbau IDI Kalbar bekerja sesuai SOP dan pakai APD

Baca juga: Puncak Pekan QRIS Nasional di Pontianak dibatalkan dampak COVID-19
 
"Sekali lagi saya tegaskan, petugas perbatasan, petugas Imigrasi dan petugas lainnya yang ada di PLBN Badau harus melarang. Jangan ada masyarakat kita yang ke Malaysia," ucap Nasir dengan nada tegas.
 
Ia mengatakan masyarakat Kapuas Hulu juga harus memahami kondisi saat ini, dimana virus Corona sudah mewabah kemana-mana.
 
Kepada petugas di PLBN dan bandara juga, Nasir meminta harus ekstra dalam pengawasan setiap orang yang masuk ke wilayah Kapuas Hulu.
 
Bahkan, Nasir mengatakan akan mengumpulkan para camat perbatasan termasuk sejumlah pihak terkait untuk menyikapi kondisi saat ini, khususnya di daerah perbatasan Indonesa - Malaysia.
 
"Virus Corona itu jangan dianggap main -main, jangan cari penyakit, saya tidak menginginkan ada masyarakat yang terpapar Corona, oleh karena itu tolong pahami kondisi saat ini, jangan dulu ke Malaysia," kata Nasir kembali mengingatkan masyarakatnya.
 
Tidak hanya itu, Nasir juga mengingatkan masyarakat Kapuas Hulu menerapkan pola hidup sehat dengan makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
 
"Mesti ada upaya kita juga di mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan masyarakat, jika tidak terlalu penting jangan berkeluyuran di luar rumah, itu demi kebaikan kita bersama dalam mengantisipasi virus Corona," kata Nasir.*

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar