Beijing (ANTARA News) - Pesohor yang jurumasak asal Inggris Jamis Oliver akan  membuat hidangan buat Presiden AS Barack Obama dan pemimpin lain dunia ketika mereka mengunjungi London bulan depan guna menghadiri pertemuan puncak G20, demikian laporan media setempat pekan ini.

Oliver dan tim magangnya akan memasak makanan di "Downing Street" No. 10, buat Obama dan istrinya Michell, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown dan istrinya Sarah, dan pemimpin lain dari kelompok negara G20 pada malam pertemuan puncak 2 April, kata beberapa laporan.

Tetapi caviar dan champagne bermutu tinggi takkan hadir di dalam daftar menu. Ia menghadapi instruksi ketat untuk mempersiapkan pesta yang sesuai dengan resesi.

Ia akan memilih makanan dan bahan yang dapat ditemukan di setiap jalan raya Inggris untuk makan malam "yang sederhana tapi mencengangkan", kata beberapa pejabat pemerintah.

Perdana Menteri ingin Jamie memasak buat para pemimpin dunia karena inspirasinya mempekerjakan orang-orang muda yang menganggur dan mengubah mereka jadi kepala koki.

Brown juga sangat ingin memperlihatkan bakat orang-orang yang magang tersebut sebelum pertemuan puncak, yang akan dipusatkan pada upaya menanggulangi resesi dengan meningkatkan lapangan kerja, demikian laporan Mirror.

Pertemuan puncak G20 akan diselenggarakan di London pada 2 April, dan para pemimpin dari negara G20 serta lembaga internasional seperti PBB, IMF, Bank Dunia, Uni Eropa, Uni Afrika dan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara akan menghadiri pertemuan puncak itu. Presiden China Hu Jintao juga akan hadir.

Brown pada Senin mengatakan, tujuan utama pertemuan puncak G20 ialah mempertemukan para pemimpin dunia guna mengkoordinasikan kebijakan menanggulangi krisis ekonomi global saat ini.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009