Kominfo apresiasi dukungan industri digital di tengah pandemi corona

Kominfo apresiasi dukungan industri digital di tengah pandemi corona

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate (dua dari kanan) dalam konferensi pers daring, Senin (23/3/2020). (Kemenkominfo RI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate menyampaikan apresiasi dukungan industri digital dalam membantu pemerintah mengatasi permasalahan-permasalahan pandemi virus corona baru (COVID-19).

Ia menyatakan apresiasi platform digital di Indonesia memberikan dukungan pelaksanaan gerakan jaga jarak (physical social distancing) sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mencegah penyebaran lebih lanjut virus tersebut.

"Platform digital, baik decacorn maupun unicorn - Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruang Guru telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam gerakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah sesuai dengan bidang layanannya masing-masing," ujar Menteri Johnny dalam konferensi pers daring, Senin.

Baca juga: Kominfo sesuaikan jadwal program beasiswa digital dan startup

Baca juga: Kominfo jaring 242 hoaks tentang virus corona


Lebih lanjut, ia mengimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan yang disediakan platform digital tersebut secara maksimal.

"Gojek dan Halodoc yang telah memberikan dukungan fasilitas untuk pemantauan dan pengecekan kesehatan dari rumah," kata Johnny.

"Bukalapak, Tokopedia, serta Gojek dan Grab yang membuka peluang untuk bekerja dari rumah, dan Ruangguru yang memfasilitasi proses belajar dari rumah," ujarnya melanjutkan.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga mengapresiasi upaya platform industri digital dalam bentuk Corporate Social Responsibilty (CSR), penggalangan dana, dan pengadaan alat perlindungan diri (APD) tenaga medis, dan beragam donasi lain untuk mendukung upaya pemerintah melawan COVID-19.

Selain pelaku industri digital, Johnny juga mengapresiasi operator telekomunikasi dan penyedia akses internet (ISP) yang telah memberikan kontribusi dalam menyediakan akses gratis untuk mendukung penanganan pandemi secara interaktif.

"Secara khusus juga ingin kami sampaikan bahwa kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler, internet service provider untuk menjaga kapasitas layanan dengan menyediakan bandwith yang cukup dan menjaga kualitas layanan," kata dia.

Menkominfo juga menyampaikan ucapan terima kasih atas layanan gratis panggilan call center 119, 117 dan 112, dan layanan WhatsApp Blast dan SMS Blast operasional dari Chatbot WhatsApp Covid19.go.id Powered by Kominfo.

Baca juga: Kominfo-WhatsApp luncurkan hotline virus corona

Baca juga: Informasi penutupan jalan tidak ada di situs Kominfo

Baca juga: Lalu lintas data internet melonjak sejak kerja dari rumah

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kominfo dukung UMKM masuki ruang digitalĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar