Jakarta (ANTARA) - Pandemi virus corona CCOVID-19 mengharuskan masyarakat dunia melakukan jaga jarak fisik atau physical distancing, bahkan sebagian besar masyarakat tetap berada di rumah bersama keluarga dan bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Namun WFH bukanlah hal yang mudah dilakukan, terutama bagi para orang tua yang memiliki balita. Situasi ini kemudian menjadi tantangan tersendiri, karena para orang tua kini harus melakukan pekerjaan secara efektif sambil memperhatikan anak-anak.

Lalu bagaimana cara lakukan work from home secara produktif tanpa diganggu gangguan anak-anak? Berikut beberapa tipsnya mengutip South China Morning Post, Kamis.

Baca juga: Tunda keinginan, kiat atur keuangan di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: Jangan lupa peregangan otot saat kerja dari rumah di tengah corona


1. Jelaskan situasinya pada anak
Ajak anak anda berbicara, anda tidak perlu memberi penjelasan yang terlalu spesifik, anda hanya perlu membuat mereka mengerti mengapa semua orang harus jalani kegiatan di rumah, dan Anda memiliki tanggung jawab pekerjaan yang harus dikerjakan tanpa gangguan untuk sementara waktu.

2. Siapkan rutinitas untuk anak Anda
Buat rutinitas tersebut supaya mirip dengan kegiatan mereka sehari-hari. Bangunkan mereka di waktu normal mereka untuk bangun, kemudian urus segala kebutuhan mereka sebelum jam kerja normal Anda dimulai. Pastikan seluruh kebutuhan anak di pagi hari telah terpenuhi ketika Anda memulai pekerjaan.

Kemudian siapkan jadwal bagi mereka selama anda bekerja, misal jam 9-11 untuk kerjakan tugas, jam 12 makan siang, jam 1 bermain dan jam 2 tonton film edukasi.

3. Bagi tugas dengan pasangan
Bekerjasama lah dengan pasangan. Misal Anda yang mengurus rutinitas pagi anak, pasangan anda bantu urus rutinitas siang dan sore anak. Kemudian jalani aktivitas malam hari bersama-sama. Anda juga dapat mengandalkan pasangan untuk menjaga anak-anak dikala Anda memiliki video conference yang penting dan tidak bisa diganggu, Anda pun bisa melakukan sebaliknya.

Simak tips berikutnya di halaman selanjutnya mulai dari membuat rutinitas hingga pengaturan waktu yang fleksibel. 

Baca juga: Kiat aplikasikan "make-up" yang aman di tengah pandemi corona

Baca juga: Tips belanja bijak di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: Berapa dana darurat yang dibutuhkan untuk hadapi pandemi virus corona?

 

Penerjemah: Dara Tanjung Maharani & Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020