Antisipasi COVID-19, pengunjung Pasar Badung disemprot disinfektan

Antisipasi COVID-19, pengunjung Pasar Badung disemprot disinfektan

Pengunjung Pasar Badung disemprot disinfektan antisipasi COVID-19. (ANTARA/Komang Suparta/HO)

Denpasar (ANTARA) - Pengunjung Pasar Badung, Kota Denpasar, Bali, sebelum memasuki areal pasar tersebut disemprot dengan cairan disinfektan guna mengantisipasi wabah COVID-19.

Pantauan di lokasi, Jumat, tampak suasana berbeda di pasar tradisional terbesar di Bali itu karena semua pengunjung maupun pelanggan yang datang untuk berbelanja terlebih dahulu disemprot dengan cairan disinfektan saat memasuki areal masuk pasar tersebut.

"Kami wajib melakukan penyemprotan cairan disinfektan kepada pengunjung pasar sebagai upaya antisipasi wabah virus corona," kata Direktur Perumda Pasar "Sewaka Dharma" Kota Denpasar, Anak Agung Ngurah Yuliarta.

Baca juga: Psikolog: Orang tua bijak berikan gawai saat anak belajar di rumah

Ia mengatakan seluruh pengunjung yang mengendarai sepeda motor dan kendaraan roda empat saat pengambilan karcis parkir disemprot disinfektan terlebih dahulu. Sedangkan pelanggan yang mengendarai kendaraan roda empat, setelah pengambilan karcis parkir diminta berhenti, dan selanjutnya disemprot disinfektan oleh petugas.

Ngurah Yuliarta mengatakan penyemprotan disinfektan yang dilakukan di Pasar Badung untuk masyarakat atau pelanggan pasar, seperti pegawai, pedagang, pengunjung dan pelanggan.

Baca juga: Paguyuban Sinar Mas Sumsel salurkan bantuan masker

''Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan kepada masyarakat sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus corona. Ini merupakan bagian dari sterilisasi pengunjung. Untuk obat yang digunakan dalam penyemprotan dan sesuai dengan rekomendasi Dinas Kesehatan Kota Denpasar, yaitu stadium hipoklorit dengan komposisi 0,1 persen,'' kata Agung Yuliarta.

Agung Yuliarta lebih lanjut mengatakan semua pegawai Perumda Pasar "Sewaka Dharma" Kota Denpasar ditugaskan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Badung dan Pasar Kumbasari.

''Penyemprotan ini kami akan evaluasi hingga besok yang selanjutnya akan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan ke pasar-pasar lainnya di Kota Denpasar,'' ujarnya.

Baca juga: Kemenko Maritim dan Investasi minta maaf soal jumpa pers di Soetta
Baca juga: KSP salurkan satu juta masker dan sarung tangan ke RS tangani COVID-19
Baca juga: Cegah COVID-19, Pemko Sabang hentikan operasional kapal cepat

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KPK tatar pejabat dan pelajar soal pencegahan korupsi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar