Satgas TMMD Bukit Barisan ajak warga melawan wabah COVID-19

Satgas TMMD Bukit Barisan ajak warga melawan wabah COVID-19

Personel Satgas TMMD ke-107 bekerja sama dengan warga. ANTARA/HO

Jika semua langkah itu dilakukan, kita pasti bisa melawan virus corona, dan bangsa serta negara tercinta akan selamat dari ancaman virus tersebut
Medan (ANTARA) - Personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Kodam I/Bukit Barisan mengajak warga berperan aktif melawan penyebaran virus corona baru (COVID-19) di daerah itu.

"Seluruh elemen bangsa bergotong royong melakukan perlawanan terhadap wabah virus corona itu," ujar Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB Kolonel Infr Zani Djunaidhi di Medan, Sabtu (28/3).

Dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona di wilayah Kodam I/BB, katanya, Pangdam I/BB Mayjen TNI M.S. Fadhilah telah mengeluarkan perintah kepada prajurit, termasuk personel Satgas TMMD, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitarnya terkait dengan penyebaran COVID-19 itu.

Selain itu, katanya, mengingatkan warga untuk menghindari tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian dan tempat berkumpul orang banyak karena berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus tersebut.

"Menjelaskan kepada warga harus menjaga jarak fisik (social distancing dan physical distancing) minimal satu hingga tiga meter saat antrean dan berada di tempat keramaian," ujarnya.

Baca juga: Upacara pembukaan TMMD ditiadakan untuk cegah penularan virus Corona

Pihaknya juga mengajak warga untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya sesering mungkin melakukan cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan setelah beraktivitas.

Tetap menjaga kesehatan diri pribadi dan seluruh anggota keluarga dengan cara mengonsumsi makan sehat dan bergizi serta rutin melakukan olah raga di bawah sinar matahari pagi,  menahan diri ke luar rumah agar terhindar dari penyebaran virus dan sekaligus memutus mata rantai virus yang membahayakan itu.

"Jika semua langkah itu dilakukan, kita pasti bisa melawan virus corona, dan bangsa serta negara tercinta akan selamat dari ancaman virus tersebut," katanya.

Lokasi pelaksanaan TMMD Ke-107 Kodam I/BB, yakni wilayah Kodim 0207/Simalungun, Kodim 0205/Tanah Karo, Kodim 0320/Dumai, dan Kodim 0315/Bintan.

Selain itu, dua kodim melaksanakan TMMD imbangan, yaitu Kodim 0206/Dairi dan Kodim 0208/Asahan.

Baca juga: Pembukaan TMMD di Sleman di ruangan, antisipasi corona
Baca juga: Satgas TMMD sosialisasikan pencegahan corona pada warga Kampung Kibay

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar