Pekanbaru (ANTARA News) - Tabrakan maut antara sebuah truk fuso dan mobil pick up pengangkut sayuran mengakibatkan lima orang meninggal dunia di Jalan Lintas Pekanbaru-Kuantan Singingi via Lipat Kain, Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu.

"Lokasi tabrakan tidak jauh dari Kantor Camat Perhentian Raja," kata Kasatlantas Polres Kampar, AKP Ari Prasetya Syafaad, kepada ANTARA.

Menurut Ari Prasetya, kecelakaan terjadi sekitar pukul 16.15 WIB. Kronologisnya, mobil pick up bernomor BM 9687 PC yang melaju kencang dari arah Pasar Lipat Kain menuju Pekanbaru menyalip kendaraan di depannya. Namun, pada saat bersamaan sebuah truk fuso pengangkut sawit bernomor BA 9857 JI, yang sedang kosong muatan, meluncur dari arah berlawanan.

"Kecelakaan `adu kambing` tidak bisa dihindari sehingga menimbulkan korban jiwa," katanya.

Ia mengatakan, semua korban jiwa dan luka-luka merupakan penumpang dari mobil pick up. Sebabnya, mobil yang digunakan untuk membawa sayuran ke pasar ini penuh dengan penumpang di bak belakang. Diperkirakan mobil sayur itu berisi 10 penumpang, dua orang duduk di bangku kemudi dan sisanya berada di bak belakang.

"Lima korban meninggal dunia adalah dua penumpang di depan dan tiga di bak belakang. Sedangkan, lima penumpang yang luka-luka juga berada di bak belakang," ujarnya.

Menurut keterangan saksi mata, ujarnya, supir truk fuso tidak melarikan diri setelah kecelakaan itu. Bahkan, supir juga ikut mengantarkan korban kecelakaan untuk segera mendapatkan penanganan medis.

"Sejauh ini, polisi masih mengidentifikasi nama-nama korban kecelakaan. Beri saya waktu satu jam," ujarnya.

Seluruh korban kini sudah dievakuasi ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru dan RS Tabrani Pekanbaru. Kecelakaan ini juga sempat mengganggu arus lalu lintas, sebelum akhirnya polisi berhasil memindahkan kendaraan yang ringsek dari tengah jalan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009