Jakarta (ANTARA) - WeCare.id, situs penggalangan dana bantuan kesehatan, ikut serta melawan COVID-19 lewat penggalangan dana dan menyediakan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis.

Per 3 April 2020, sudah tercatat 1.375 rumah sakit, puskesmas, dan klinik yang mendaftarkan kebutuhan APD mereka melalui situs WeCare.id.

Dari data ini, WeCare.id menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan seluruh pusat pelayanan kesehatan yang telah mendaftar adalah sebesar Rp543 miliar. Untuk mencapai total biaya tersebut, telah tercatat 2.500 individu yang telah bergabung untuk berdonasi.

Baca juga: Agni Pratistha bagi gratis masker anak jahitan sendiri

Baca juga: Desainer Indonesia Hian Tjen produksi puluhan APD


Mesty Ariotedjo, salah satu pendiri WeCare.id, mengatakan sejak awal situs tersebut berkomitmen untuk memastikan setiap masyarakat mendapat hak pelayanan kesehatan yang merata.

"Terkait dengan kasus Covid-19, sebagai seorang dokter di rumah sakit nasional di Jakarta, saya merasakan langsung betapa sulitnya mendapatkan APD sejak kasus ini muncul," kata Mesty dalam keterangan resmi.

Mesty mengatakan, saat ini mereka telah mendistribusikan APD ke 156 rumah sakit dan klinik.

Situs tersebut juga berkolaborasi dengan perusahaan serta figur publik yang punya visi misi serupa, meliputi Tokopedia Salam, PT Paragon Technology and Innovation, The Body Shop, Sayurbox, Indomie.

Pesohor yang ikut andil bersama situs tersebut untuk untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait darurat COVID-19 di Indonesia meliputi Dian Sastrowardoyo, Maudy Ayunda, Raline Shah, Sandra Dewi, dan Rossa.

“Sudah saatnya kita tidak bergerak sendiri-sendiri dan melangkah bersama dengan melakukan apa yang kita bisa lakukan," imbuh Mesty.

Masyarakat yang ingin ikut berdonasi bisa mengunjungi https://www.wecare.id/apdcorona/.

Baca juga: Mesty Ariotedjo bela negara lewat keahlian medis

Baca juga: MMKSI kirim Outlander PHEV bantu operasional PMI cegah COVID-19

Baca juga: Cottonink jahit 10 ribu APD untuk tenaga medis

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020