Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan segera meresmikan peluncuran televisi digital swasta pertama saat Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2009.

"Layanan televisi digital ini telah lama dirintis, tetapi baru disebarluaskan pada tahun ini," kata Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Sarana Komunikasi dan Informatika Departemen Komunikasi dan Informatika, Agnes Widiyanti, di Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, pemerintah telah menyediakan sekitar 900 set top box (pengubah frekuensi analog ke digital).

Menurutnya, keunggulan televisi digital dibandingkan analog di antaranya adalah gambar lebih bagus dan satu saluran dapat berisi beberapa program.

"TV digital lebih banyak informasi yang bakal didapat masyarakat," ujarnya.

Agnes mengatakan TV digital ini pernah diujicobakan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 13 Agustus lalu di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI.

Rencananya uji coba tersebut akan berlangsung hingga September dan daerah yang diujicobakan masih dalam kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi.

"Negara-negara lain di Asia sudah mengujicobakan televisi digital ini," katanya lagi.

Ia menambahkan harga per set top box sebesar Rp300 ribu.

Sementara itu, pemerintah juga akan meresmikan program desa berdering di 43.000 desa di Indonesia yang diikuti teleconference Presiden bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh di SCTV 20 Mei 2009 pukul 10.00-12.00 WIB.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009