Kemarin, rupiah menguat hingga proyeksi pertumbuhan ekonomi 4,6 persen

Kemarin, rupiah menguat hingga proyeksi pertumbuhan ekonomi 4,6 persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020 dalam Sidang Paripurna DPR di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

Kami yakin setelah periode COVID-19 mereda, ada inflow jauh lebih besar dalam periode lebih lama
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (17/4) mulai dari nilai tukar (kurs) rupiah yang ditutup menguat pada akhir pekan, hingga proyeksi Menteri Keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi triwulan I-2020 di kisaran 4,5 - 4,6 persen.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Rupiah akhir pekan menguat ditopang sentimen eksternal
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan menguat ditopang sentimen eksternal.

Rupiah Jumat sore ditutup menguat 175 poin atau 1,12 persen menjadi Rp15.465 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.640 per dolar AS.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Bila corona usai, BI yakin aliran modal masuk ke RI bakal lebih banyak
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yakin aliran modal baik dalam dan luar negeri akan kembali masuk ke Indonesia jauh lebih besar dibandingkan aliran modal keluar apabila wabah virus corona baru atau COVID-19 sudah mereda.

“Kami yakin setelah periode COVID-19 mereda, ada inflow jauh lebih besar dalam periode lebih lama,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam jumpa pers daring di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Stimulus BPN, HGU-HGB yang habis bisa diperpanjang sampai akhir tahun
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memberikan stimulus berupa kelonggaran terhadap Hak Guna Bangunan (HGB) dan Hak Guna Usaha (HGU) yang sudah jatuh tempo agar bisa diperpanjang sampai akhir 2020.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil menjelaskan bahwa stimulus di sektor pertanahan ini untuk memudahkan pelaku usaha maupun perseorangan yang terdampak dalam masa pandemi COVID-19 ini.

Berita selengkapnya klik di sini

4. KRL tetap beroperasi sesuai PSBB mulai 18 April
PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan akan tetap mengoperasikan perjalanan KRL mulai Sabtu (18/4) dengan pola operasi yang sama sejak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta dan kota-kota sekitarnya.

Jam operasional KRL adalah pukul 06.00-18.00 WIB, dengan keberangkatan kereta pertama dari wilayah penyangga Jakarta pukul 05.00 WIB.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Menkeu proyeksikan pertumbuhan triwulan I-2020 kisaran 4,5 - 4,6 persen
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan pertumbuhan ekonomi triwulan I-2020 berada pada kisaran 4,5 persen - 4,6 persen atau mulai di bawah lima persen.

"Q1 mungkin 4,5 - 4,6 persen, masih kelihatan tinggi, meski sudah turun dibawah lima persen," ujar Sri Mulyani dalam jumpa pers virtual perkembangan APBN di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini


Baca juga: Pemerintah proyeksikan pertumbuhan ekonomi 4,5 - 5,5 persen pada 2021
Baca juga: BI dan pemerintah berupaya cegah dampak terburuk wabah COVID-19
Baca juga: Gubernur BI: Rupiah terus menguat, tunjukan kepercayaan pasar

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Targetkan pertumbuhan ekonomi 4,8%, BI punya 4 langkah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar