Keberadaan posko ini sangat membantu mitra-mitra perusahaan agar bisa lebih aman dalam melayani masyarakat, terutama di kota-kota yang telah memberlakukan PSBB
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi penyedia layanan jasa berbasis aplikasi, Gojek mengumumkan telah menyediakan 130 titik "Posko Aman Bersama Gojek" di 16 kota seluruh Indonesia untuk memastikan memastikan mitra pengemudi semakin aman di tengah pandemi COVID-19.

"Targetnya melayani melayani lebih dari 30 ribu mitra setiap harinya," kata Chief Operation Officer Gojek Hans Patuwo, dalam penjelasan resminya, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: PD Pasar gandeng ojek daring ajak masyarakat belanja dari rumah

Baca juga: 200 ribu pengemudi Gojek dapat sembako

Baca juga: 34 ribu pelaku usaha di Pasigala terdampak COVID-19


Dikatakan, hal itu merupakan bagian dari inisiatif komprehensif perusahaan terkait keamanan dan kesehatan dengan kata lain, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat yang percaya pada layanan Gojek sebelum dan di tengah pandemi.

"Apalagi, layanan kami menjadi andalan banyak masyarakat yang sedang menjalankan physical distancing (jaga jarak fisik). Kami percaya dengan inisiatif tersebut Gojek dan mitra-mitranya bisa terus menjadi andalan," kata Hans.

Keberadaan posko ini sangat membantu mitra-mitra perusahaan agar bisa lebih aman dalam melayani masyarakat, terutama di kota-kota yang telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kami pastikan mitra bisa beroperasi sesuai standar operasional layanan di tengah pandemi COVID-19. Pengoperasian posko ini merupakan yang pertama dan punya standar tertinggi di industrinya,” ujar Hans.

Selain berfungsi sebagai area pengecekan atau poin cek, di posko ini mitra pengemudi juga akan mendapat tiga jenis layanan lain yang dilakukan tetap menjaga jarak dan mitra pengemudi tak perlu turun dari kendaraan (drive thru) agar prosesnya tetap aman.

Layanan pertama adalah pengecekan suhu tubuh untuk memastikan mitra dalam keadaan sehat saat beraktivitas. Kedua, pembagian paket kesehatan (healthy kit) yang terdiri dari masker, cairan pembersih tangan (hand sanitizer) dan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Ketiga, penyemprotan desinfektan kendaraan yang bertujuan memastikan sanitasi mobil dan motor mitra.

Sebelumnya, pihaknya juga telah menyiapkan jutaan item masker, hand sanitizer dan multivitamin dalam bentuk paket kesehatan. Paket tersebut telah dibagikan kepada ratusan ribu mitra pengemudi di lebih dari 90 kota.

"Distribusi paket kesehatan ini, terutama 5 juta masker yang diimpor perusahaan, akan terus dilakukan secara bertahap kepada mitra di seluruh Indonesia," kata Hans.

Bukan cuma itu, perusahaan pun senantiasa berusaha memastikan keamanan dan kesehatan pengguna yang tetap harus beraktivitas selama masa PSBB antara lain dengan membagikan masker kepada penumpang, serta membatasi dua penumpang per unit kendaraan untuk layanan GoCar dan GoBluebird.

Gojek juga sudah meluncurkan layanan pengantaran tanpa kontak langsung (contactless delivery) pada layanan GoFood, GoShop dan GoMart.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020