Surabaya (ANTARA News) - Sutradara film, Garin Nugroho dan penyanyi balada, Franky Sahilatua akan tampil sepanggung dalam acara "Dongeng Pancasila" yang diselenggarakan Dewan Kesenian Surabaya (DKS) di Surabaya, 15 Juni mendatang.

Hanif Nashrullah selaku panitia penyelenggara, di Surabaya, Jumat mengatakan, pertunjukan yang digelar di Gedung Cak Durasim, Jalan Gentengkali Nomor 85 Surabaya itu terbuka untuk umum dan gratis.

"Kami berharap `Dongeng Pancasila` menjadi salah satu alternatif cara berkomunikasi dalam memberikan pendidikan kewarganegaraan kepada masyarakat," katanya.

Apalagi, menurut dia, di tengah hiruk-pikuk penyelenggaraan Pemilu Presiden 2009 justru semakin membuat masyarakat tidak cukup respek pada nilai dasar seperti Pancasila, karena hanya dianggap sebagai dongeng belaka.

Oleh karena itu, Garin Nugroho telah menyiapkan 14 cerita dongeng berisi pesan-pesan kebangsaan yang akan dibawakan dengan cerdas dan menarik dalam durasi 120 menit.

"Dia akan mengisahkan Pancasila lewat dongeng dengan kisah-kisah sederhana, seperti kisah Soekarno, Marcopollo, Tanah Damai dan Perang, dan lain sebagainya," katanya.

Di tengah dongeng, Franky Sahilatua akan mendendangkan syair-syair yang dikenal sarat dengan tema sosial kemasyarakatan yang selama ini sering dimainkan di panggung-panggung musik nonkomersial.

Dalam setiap lagu yang dimainkan Franky, Garin akan mengajak hadirin mendengarkan dongeng demi dongeng sesuai dengan tema lagu tersebut.

"Nilai kebangsaan dikomunikasikan berdasarkan perjalanan kedua sosok seniman ini lewat dongeng. Sebuah dongeng gabungan antara visi, pengalaman, emosi, empati, dan cara berpihak terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat," kata Hanif.  (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009