Jayapura (ANTARA News) - Persipura Jayapura berhasil melaju ke babak semifinal Copa Dji Sam Soe 2009 setelah di leg ke-2 berhasil membungkam tamunya PSMS Medan 4-1 di Stadio Mandala Jayapura.

Gol Persipura dicetak Ricardo Salampessy (menit 22), Boaz Solossa (menit 44 dan 88) serta Eduard Ivakdalam (menit 68).

Gol balasan tim tamu dilesakkan oleh Komang Adyana di menit 27. Dengan kemenangan ini, Tim Mutiara Hitam berhak maju ke semifinal setelah unggul dengan agregat 6-1.

Bertanding di Stadion Mandala, tim besutan Jacksen Ferreira Tiago memang terus mengurung pertahanan tim yang berjuluk Ayam Kinantan.

Gol Ricardo tercipta melalui sundulan dari umpan tendangan penjuru. Meski pemain PSMS menumpuk di belakang, Ricardo berhasil menyarangkan bola ke sudut kiri jala gawang PSMS Medan yang dijaga Galih Sudaryono.

Ketinggalan satu anggka, PSMS langsung merespon dengan serangan balik yang dimotori Oktavianus "Otto" Maniani di menit 26 dan membuahkan sebuah tendangan bebas. Bola mati sukses dieksekusi Komang hingga kedudukan menjadi 1-1.

Persipura mengubah kedudukan ketika Boaz berhasil mengeksekusi tendangan pinalti dengan baik. Penalti untuk Persipura itu diperoleh setelah tangan Aun Carbiny menyentuh bola (handball).

Memasuki babak kedua, Persipura tetap memegang kendali permainan, terbukti dalam tiga menit pertama, Persipura langsung membuat peluang lewat Ian Luis Kabes. Beruntung tendangan Kabes masih bisa ditepis oleh panjaga gawang PSMS medan.

Pada menit 65, Boaz kembali mengancam. Sayangnya, tendangan sudut Boaz yang meluncur ke arah gawang masih bisa dihalau Edi Sibung. Baru setelah tiga menit berselang, Persipura berhasil memperbesar kemenangan.

Lagi-lagi berawal dari handball Aun Carbiny, Edward Ivakdalam sang spesialis tendangan bebas berhasil mengeksekusi tendangan tersebut dengan cantik sehingga kedudukan menjadi 3-1.

Gol terakhir Persipura diciptakan oleh Boaz dan kedudukan 4-1 tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Persipura akan menjamu Deltras Sidoarjo di semifinal leg 1, 19 Juni mendatang. Deltras lolos ke semifinal setelah unggul agregat 4-3 atas Persija Jakarta.

Susunan Pemain

Persipura: Jendry Pitoy; Victor Igbonefo, Jack Komboy, Bio Pauline Pierre, Ian Louis Kabes; Imanuel Wanggai (Gerard Pangkali, 84`), Eduard Ivakdalam , Ricardo Salampessy (Stevie Bonsapia, 74`), Tinus Pae (Ortizan Solossa, 61`); Boaz Solossa, Ernest Jeremiah.

PSMS Medan: Galih Sudaryono; Fadly Hariri, Aun Carbiny, Ruben Sanaoy, Dodi Cahyadi; Edi Sibung, Komang Adyana, Yohanes Tjoe, Elly Iboy (Mitchell Nere, 70`); Oktavianus `Otto` Maniani, Andhika Yudhistira.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009